Yakin Tidak Perlu Asuransi Mobil? Coba Ketahui Dulu Manfaat Pentingnya Berikut ini

Pentingnya Asuransi Mobil – Jumlah kecelakaan mobil setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Mungkin pada saat mengendarai mobil Anda telah berusaha berkendara dengan kecepatan rata-rata atau standar dan dengan berhati-hati, namun tetap saja kemungkinan mengalami kecelakaan masih ada. Mengapa ? Kecelakaan yang terjadi bisa saja disebabkan oleh kelalaian dari pengemudi lain yang berimbas pada mobil Anda. Tidak ada yang bisa memprediksi sesuatu yang akan terjadi sehingga asuransi mobil sangat dibutuhkan dan merupakan jalan terbaik untuk melindungi mobil dari sesuatu buruk yang mungkin akan terjadi.

Yakin Tidak Perlu Asuransi Mobil Coba Ketahui Dulu Manfaat Pentingnya Berikut Ini

Yakin Tidak Perlu Asuransi Mobil Coba Ketahui Dulu Manfaat Pentingnya Berikut Ini

Manfaat Asuransi Mobil

Banyak yang berpikir bahwa kecelakaan atau sesuatu yang buruk saat mengemudi bisa dihindari dengan selalu berhati-hati padahal selain karena kecelakaan banyak hal yang bisa mobil Anda mengalami kerusakaan seperti kerusakan mobil yang terjadi akibat faktor X. misalnya saja bencana alam, kebakaran, banjir dan hal-hal tak terduga lainnya. Nah, terkait dengan hal tersebut, berikut adalah dua manfaat penting apabila Anda memiliki asuransi mobil.

1. Melindungi Mobil dari Peristiwa yang Tidak Terduga

Sebagian besar kerusakan yang terjadi pada mobil disebabkan oleh peristiwa yang tidak akan pernah Anda duga sebelumnya sehingga disinilah fungsi asuransi mobil dirasakan karena asuransi mobil akan memberikan perlindungan terhadap peristiwa buruk seperti kecelakaan yang tidak pernah diduga.

2. Meringankan Beban Ekonomi

Ketika mobil mengalami kerusakan Anda harus mengeluarkan uang yang jumlahnya tidak sedikit untuk memperbaikinya. Dengan membeli asuransi mobil maka Anda tidak perlu mengeluarkan uang karena semua biaya perbaikan sepenuhnya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan.

Memilih Jenis Asuransi Untuk Kendaraan

Perlu pertimbangan yang matang sebelum Anda memutuskan untuk membeli produk asuransi karena asuransi adalah harapan pertama yang Anda miliki ketika terjadi sesuatu pada mobil Anda. Sehingga penting bagi Anda melakukan beberapa pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi.

1. Memilih Perusahaan Asuransi

Sebaiknya Anda membeli produk asuransi dari perusahaan asuransi yang telah terdaftar dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Untuk mengetahui apakah perusahaan asuransi tersebut telah terdaftar di OJK Anda bisa langsung memeriksanya dengan mengunjungi website resmi dari OJK yaitu di www.ojk.go.id atau menghubungi customer service OJK di (021) 500 655.

2. Membandingkan Produk Asuransi dari Perusahaan Lain

Sebelum memutuskan membeli produk asuransi, sebaiknya Anda perlu melakukan perbandingan dari produk asuransi yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan asuransi. Jangan terlalu terfokus dengan harga murah karena harga murah bukan berarti dapat memenuhi perlindungan yang dibutuhkan. Pastikan Anda membandingkan harga dan jenis perlindungan seperti apa yang ditawarkan, perlindungan yang bersifat menyeluruh atau hanya pada hal tertentu saja.

Sebelum memutuskan membeli Anda harus tahu dengan pasti mengenai jenis perlindungan yang diberikan, kondisi sebagai syarat dalam mengajukan premi serta pengecualian yang membuat premi ditolak.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Asuransi

Setelah Anda memutuskan membeli produk asuransi dari maka sebaiknya Anda sekali lagi perlu memperhatikan beberapa hal sebelum kontrak dibuat dan di tanda tangani.

1. Kelengkapan Data

Pastikan Anda mengisi seluruh data seperti SPPA (Permohonan pertanggungan Asuransi) atau SPAJ (Surat Permintaan Asuransi Jiwa). Jangan pernah menandatangani kontrak apabila terdapat beberapa data atau kolom yang masih kosong.

2. Memeriksa Polis

Ketika polis asuransi telah diterima maka Anda harus sekali lagi membaca semua lampiran yang terdapat dalam polis. Apabila terdapat ketidaksesuaian informasi yang terdapat dalam polis dengan apa yang disampaikan oleh agen asuransi maka Anda dapat mengajukan pembatalan polis atau meminta dilakukan perubahan kepada perusahaan asuransi.

Lakukan Sebelum Terlambat

Bagi Anda yang belum memiliki asuransi mobil, sebaiknya segera membeli asuransi mobil sebelum terjadi sesuatu dengan kendaraan Anda.

Baca Juga:

apakah perlu asuransi mobil, asuransi mobil jangka panjang, asuransi mobil jangka pendek, asuransi mobil perlu, asuransi mobil tercover, contoh manfaat asuransi mobil, gagasan asuransi mobil, ketahui asuransi mobil, ketahui manfaatnya asuransi mobil, perlu asuransi mobil, perlu tidak asuransi mobil, the best asuransi mobil, yakin dengan asuransi mobil