Wisata Padang Pasir Tak Perlu Ke Luar Negeri, Cukup Ke Gumuk Pasir Parangkusumo Saja

Gumuk Pasir Parangkusumo РAnda ingin menikmati suasana di padang pasir? Tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri, cukup Anda datangi padang pasir yang ada di dalam negeri saja. Memangnya Indonesia punya? Eits, jangan salah, Indonesia ini termasuk negara yang komplit potensi wisatanya, dimana hampir semua jenis wisata Indonesia punya, termasuk padang pasir Jogja, atau lebih tepatnya Gumuk Pasir Parangkusumo.

Wisata Gurun Pasir Tak Perlu ke Luar Negeri

Wisata Gurun Pasir Tak Perlu ke Luar Negeri

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo Dan Harga Tiket Masuknya

Sesuai dengan apa yang kami sebutkan sebelumnya, Gumuk Pasir Parangkusumo ini terletak di Yogyakarta, dengan lokasi tepatnya adalah diantara Pantai Depok dan Pantai Parangtritis, yakni di Desa Parangtritis, di Kecamatan Kretek, Bantul.

Harga tiket masuk ke Gumuk Pasir Parangkusumo ini juga sangat murah. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 3.000 saja, namun harga ini masih belum termasuk parkir untuk kendaraan ya.

Apa Yang Menjadikan Gumuk Pasir Parangkusumo Ini Istimewa?

Sebenarnya padang pasir yang ada di Yogyakarta ini lebih tepat jika disebut dengan gumuk, dimana kata gumuk itu sendiri memiliki arti tumpukan atau gundukan. Makanya kemudian objek wisata ini diberi nama Gumuk Pasir Parangkusumo.

Dengan luasnya yang mencapai 2 km, Gumuk Pasir Parangkusumo hendak dimasukkan ke dalam daftar Unesco World Heritage, karena Gumuk Pasir Parangkusumo ini termasuk ke dalam fenomena alam yang tak biasa bahkan bisa dikatakan hanya satu di Asia Tenggara.

Situs Parangtritis Geomaritime Scinece Park juga menyebutkan bahwa Gumuk Pasir Parangkusumo ini termasuk ke dalam gumuk pasir pesisir dimana seluruh garis lintang di dunia juga memilikinya. Namun, menariknya, Gumuk Pasir Parangkusumo ini termasuk dalam tipe Barchan dimana seharusnya gumuk pasir tipe ini berada di iklim yang kering dan semi kering, dan seharusnya tidak terbentuk di sini yang notabene beriklim tropika basah. Inilah yang menjadikan Gumuk Pasir Parangkusumo ini istimewa dan langka.

Destinasi wisata yang jarang ditemukan di Indonesia ini ini dikelola oleh para pemuda setempat, dimana berdasarkan informasi jumlah pengunjung yang datang semakin meningkat setiap tahunnya. Apalagi ditambah dengan adanya olahraga ekstrim yang bisa dilakukan disini, yakni olahraga sandboarding, suatu olahraga yang mirip dengan selancar hanya saja areanya berada di pasir.

Anda ingin mencobanya? Silahkan datang langsung saja ke lokasi lalu sewa alat sandboarding yang sudah disediakan oleh pengelola. Harga sewa hanya sekitar Rp 150.000 yang bisa Anda gunakan sepuasnya karena waktunya tidak berbatas. Dan jika Anda adalah seorang pemula, jangan khawatir, karena pihak pengelola akan selalu stand by untuk Anda dan akan mengarahkan Anda ke jalur yang tidak terlalu tinggi.

Namun, yang perlu Anda ingat bahwasanya suhu di Gumuk pasir Parangkusumo ini lumayan ekstrim dimana saat siang hari sangat panas namun ketika malam hari sangat dingin. Jadi, jika Anda ingin bermain sandboarding ataupun hanya sekedar melihat pemandangan saja, waktu yang disarankan untuk Anda datang adalah saat sore hari.

Fasilitas Yang Ada Di Gumuk Pasir Parangkusumo

Sekalipun objek wisata ini dikelola oleh pemuda setempat, tetapi fasilitas yang ada di sini sudah terhitung lengkap yang meliputi area parkir, pos jaga, toilet, tempat ibadah, klinik kesehatan, warung makan, toko oleh-oleh, toko souvenir, penginapan, laboratorium, museum, tempat untuk berteduh serta sebuah ayunan.

Nah, itulah informasi yang bisa kami bagikan tentang Gumuk Pasir Parangkusumo, untuk lebih lengkapnya dan agar keindahannya lebih nyata, sebaiknya Anda segera merencanakan perjalanan ke sana ya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

akses ke gumuk pasir parangkusumo, alamat gumuk pasir parangkusumo, alamat lengkap gumuk pasir parangkusumo, artikel gumuk pasir parangkusumo, ayunan gumuk pasir parangkusumo, biaya gumuk pasir parangkusumo, biaya masuk gumuk pasir parangkusumo, cara ke gumuk pasir parangkusumo, cara menuju gumuk pasir parangkusumo, dari malioboro ke gumuk pasir parangkusumo, deskripsi gumuk pasir parangkusumo, dimana gumuk pasir parangkusumo, fasilitas gumuk pasir parangkusumo, foto gumuk pasir parangkusumo, gambar gumuk pasir parangkusumo