Tips Memotivasi Diri Untuk Menghilangkan Kebiasaan Malas

Cara Menghilangkan Kebiasaan Malas – Meminjam istilah yang lagi kekinian, ‘mager’ alias malas gerak memang sangat ampuh untuk membuat seseorang berleha-leha, apalagi jika ‘mager’nya ini dipicu oleh stres, baik itu karena jenuh, pekerjaan, maupun pelajaran di sekolah. Membiarkan diri terbuai saat ‘mager’ dan stress seperti ini sesekali memang tidak masalah, namun jika itu sudah menjadi kebiasaan, maka ini sudah tidak benar.

Nah, untuk menghilangkan rasa malas tersebut, kita perlu memotivasi diri sendiri. Dan itu, memang bukan perkara mudah. Untuk itu, berikut telah kami rangkung tips memotivasi diri guna membangkitkan semangat supaya tidak malas lagi. Bagaimana caranya?

Tips Memotivasi Diri Untuk Menghilangkan Kebiasaan Malas

Tips Memotivasi Diri Untuk Menghilangkan Kebiasaan Malas

Tips Jitu Untuk Memotivasi Diri Agar Tidak Malas

1. Ingatlah Bahwa tidak Semua Rencana Bisa Berjalan Mulus

Penyebab terbesar munculnya stress dan rasa malas adalah karena adanya kendala di tengah usaha yang kita lakukan. Nah, tugas kita, kita harus mengingatkan diri sendiri bahwa tidak semua rencana itu bisa berjalan dengan mulus karena yang namanya kendala itu sifatnya selalu ada, dan percayalah bahwa bukan Anda yang menjadi penyebabnya.

2. Tetap Fokus pada Apa yang Menjadi Tujuan Akhir Kita

Siapa pun pasti mengakui bahwa cara yang ketiga ini juga lumayan ampuh untuk memotivasi diri kita sendiri agar tidak terlalu larut dalam stress dan kemalasan. Ya, kita harus selalu mengingat tujuan akhir kita ini dan memasukkannya ke dalam otak kita sehingga kita senantiasa memiliki energi positif untuk meninggalkan rasa malas yang bisa menghambat kita mencapai tujuan akhir tersebut.

3. Hargai Diri Anda, Perhatikan Tubuh Anda Lalu Berikan Hadiah pada Diri Anda Sendiri

Oke, jika Anda merasa tubuh Anda sedang lelah, sebaiknya Anda memang tidak memforsir tubuh Anda demi mencapai tujuan akhir yang telah Anda tetapkan. Berikan waktu istirahat pada tubuh Anda agar Anda sendiripun bisa lebih siap dalam mengejar goal yang selanjutnya. Jangan memaksakan diri, karena selain bisa membuat kondisi fisik Anda melemah, kinerja Anda juga tidak akan maksimal jika Anda melakukan sesuatu dalam kondisi lelah.

Selain itu, menghargai diri sendiri tidak hanya dalam hal memberikan waktu istirahat pada tubuh, tetapi bisa juga dengan memberikan hadiah pada diri Anda sendiri jika Anda berhasil mencapai target tertentu. Misalnya, membeli barang kesukaan, menonton film, beli baju baru, tas baru ataupun yang lainnya.

Tetapi Anda pun harus ingat, bahwa sebaiknya tidak semua target Anda beri hadiah. Mengapa? Karena hal itu hanya akan membuat Anda terlena, membuat konsentrasi Anda buyar dan akan menyita waktu Anda. Jadi, pilih beberapa target saja untuk Anda hadiahi ya.

4. Berteman dengan Motivator

Meskipun Anda sudah bersiap untuk hidup sendiri, sejatinya setiap manusia membutuhkan teman. Lalu bagaimana dengan motivator? Motivator bisa Anda jadikan ‘alat’ pengingat yang akan membuat Anda bertahan dengan motivasi dan tujuan Anda tersebut sehingga Anda pun bisa tetap fokus dan terarah.

5. Konsumsi Makanan yang Rasanya Manis

Ini adalah salah satu cara ampuh dalam mengusir stress dan sudah banyak pula orang yang membuktikannya. Makanan manis bisa mengusir bad mood dan stress seolah sudah menjadi rahasia umum sehingga banyak sekali yang menerapkan cara pertama ini.

Bagaimana bisa makanan manis memiliki peran tersebut? Jawabannya adalah karena kandungan glukosa yang ada di dalam makanan manis bisa merangsang otak agar bisa menyerap trytophan lebih banyak dan melepaskan hormon serotonin yang membantu memperbaiki mood menjadi lebih baik. Makanya, jika Anda merasa sudah mulai merasa malas gerak atau stress, makanlah makanan yang manis, namun tetap perhatikan porsinya ya.

Nah, ituah 5 cara terbaik dalam memotivasi diri sendiri supaya semangat bangkit dan rasa malas dapat dilawan. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga:

bagaimana cara memotivasi diri agar dapat beriman kepada allah, bagaimana cara memotivasi diri kita agar tetap selalu berbuat kebaikan, bagaimana cara memotivasi diri kita sendiri, bagaimana cara memotivasi diri untuk belajar, bagaimana cara memotivasi diri untuk diet, cara cara memotivasi diri, cara efektif memotivasi diri sendiri, cara jitu memotivasi diri sendiri, cara memotivasi agar percaya diri, cara memotivasi anak agar percaya diri, cara memotivasi belajar diri sendiri, cara memotivasi dalam diri, cara memotivasi diri, cara memotivasi diri agar bangkit dari keterpurukan, cara memotivasi diri agar belajar