Tips Menghadapi Istri Boros Dengan Cara Tepat

Cara Jitu Menghadapi Istri Yang Boros – Saat sudah menikah, seorang istri merupakan bendahara keluarga. Untuk itu, bagi anda yang memiliki istri yang boros, hal ini cukup memusingkan. Dan kabar buruknya, sifat boros memang tidak mudah untuk dihilangkan, namun Anda juga tidak bisa membiarkannya begitu saja.

Oleh karena itu, kali ini kami akan membagikan beberapa tips dalam menghadapi istri yang memiliki sifat boros. Silahkan disimak.

Menghadapi Istri Boros

Menghadapi Istri Boros

1. Membicarakan Sumber Permasalahan

Kewajiban seorang suami adalah memberi nafkah istrinya, tetapi jika istri sudah berlebihan dalam membelanjakan kebutuhan keluarga, maka tetap harus dihentikan. Dalam menghadapi sikap istri yang memiliki sifat boros, langkah pertama yang paling penting adalah membicarakan permasalahan yang terjadi. Seorang istri biasanya tidak sadar bahwa dia memiliki sifat boros yang dapat berdampak buruk dan merugikan bagi keuangan keluarga. Sebagai seorang suami, bicaralah terbuka dengan istri Anda atau menegurnya agar dia bisa menyadari kesalahannya dan akhirnya bersedia untuk mengurangi sikap borosnya tersebut. Jika istri Anda tidak sadar akan sifat borosnya tersebut, maka masalah pun tidak akan bisa dipecahkan.

2. Mengubah Frekuensi Pemberian Uang Bulanan

Langkah selanjutnya adalah mulailah mengubah frekuensi pemberian uang bulanan istri Anda. Jika biasanya Anda memberi uang setiap bulan, Anda bisa mengubahnya menjadi setiap minggu. Hal ini bertujuan agar jumlah uang bulanan yang diterima istri Anda tidak terlalu besar. Tak hanya itu, istri Anda juga bisa menyadari berapa sebenarnya jumlah yang seharusnya dia habiskan setiap hari untuk menutupi kebutuhan keluarga. Langkah ini membantu melatih istri Anda supaya bisa menghabiskan uang sesuai porsinya dan mengatur keuangan keluarga dengan baik.

3. Membuat Strategi Keuangan Keluarga

Jika istri Anda tak sadar betapa besarnya kebutuhan yang harus dipenuhi di masa depan dan merasa wajar untuk menghambur-hamburkan uang, maka membuat strategi keuangan keluarga bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk merubah mindset seseorang. Buatlah perencanaan keuangan keluarga yang rapih dan rinci sehingga istri Anda bisa melihat banyaknya biaya hidup yang diperlukan dalam jangka panjang.

4. Membuat Perjanjian

Setelah menegur sifat boros yang dimiliki istri dan membuat perencanaan keuangan keluarga secara terperinci, maka langkah selanjutnya adalah membuat perjanjian bersama istri untuk memenuhi kebutuhan keuangan keluarga. Tanamkanlah komitmen demi kepentingan bersama, bukan hanya untuk kepentingan pribadi. Kemudian Anda dan istri harus berjanji untuk menggunakan uang dengan sebaik-baiknya dan sesuai anggaran bulanan yang telah ditetapkan. Tak hanya itu, Anda atau pun istri juga bisa memberikan hukuman kecil seperti mengurangi uang bulanan selanjutnya jika salah satu diantara kalian melanggar perjanjian tersebut.

5. Ikut Memantau Keuangan Keluarga

Dalam kehidupan pernikahan, biasanya istri memang memiliki kuasa dalam mengatur keuangan keluarga. Namun tak ada salahnya, jika Anda turut andil dalam memantau keuangan keluarga. Anda bisa melakukan kegiatan tersebut dengan kurun waktu yang teratur, misalnya setiap 2 atau 4 bulan sekali. Kemudian, Anda dan istri perlu menilai serta mengevaluasi apakah pengeluaran yang dilakukan selama ini sudah sesuai atau belum dengan strategi keuangan keluarga yang telah ditetapkan sebelumnya. Jika ada hal-hal yang di luar kendali dan tidak sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat, Anda dan istri bisa sama-sama mencari jalan keluar dan mengatasinya.

Demikianlah di atas 5 cara tepat dalam menghadapi istri yang boros, semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga:

akibat istri boros, atasi istri boros, azab istri boros, bagaimana mengatasi istri yang boros, bagaimana mengatasi istri yg boros, bila istri boros, bolehkah istri boros, calon istri boros, cara menasehati istri yang boros, cara mendidik istri yang boros, cara mendidik istri yg boros, cara menghadapi istri yang boros, cara menjadi istri yang tidak boros, ciri ciri istri yang boros, ciri istri boros