Tips Jitu Menghemat Penggunaan Kuota Sehari-Hari Hingga 70%

Cara Menghemat Kuota Internet – Tak bisa dipungkiri, jika saat ini paket internet merupakan pengeluaran bulanan yang cukup menguras kantong. Terlebih buat kamu yang tidak bijak dalam menggunakan smartphonenya. Selain harus pintar-pintar dalam memilih operator seluler mana yang dirasa lebih murah paket internetnya, yang tak kalah penting, adalah mengetahui dan menerapkan trik khusus supaya tidak boros pemakaian kuota internet.

Lantas bagaimana cara agar hemat paket data internet? Caranya sangat mudah, cukup menerapkan berbagai tips berikut ini dan rasakan manfaatnya.

Tips Jitu Menghemat Penggunaan Kuota Sehari-Hari Hingga 70%

Tips Jitu Menghemat Penggunaan Kuota Sehari-Hari Hingga 70%

Tips Menghemat Kuota Internet Dengan Efektif

1. Rajin Mengecek Sisa Kuota

Apa keuntungan dari kebiasaan mengecek sisa kuota sesering mungkin? Yup, jawabannya agar kita bisa lebih bijak atau berhati-hati saat menggunakannya. Dalam artian, cara ini dilakukan untuk “mengontrol” diri anda agar tidak membuang-buang kuota tanpa sadar. Karena seringnya, orang-orang yang kehabisan kuota lebih cepat dari seharusnya adalah dikarenakan mereka tidak sering mengecek kuota dan pada akhirnya lepas kendali.

2. Matikan Koneksi Internet Saat Kita Tidur Atau Tidak Sedang Digunakan

Selain rajin mengecek sisa kuota atau paket data, yang harus dilakukan selanjutnya adalah mematikan koneksi internet saat sedang tidak di gunakan. Ini juga merupakan cara ampuh dan jitu dalam menghemat kuota. Terlebih saat malam hari akan tidur. Biasanya banyak dari kita yang menaruh smartphone di samping bantal. Dengan mematikan koneksi internet, selain mengurangi resiko boros kuota, cara ini juga bagus untuk kesehatan karena mengurangi radiasi atau rasa panas yang ditimbulkan smartphone akibat data seluler yang menyala.

3. Matikan Auto-Update Pada Play Store

Cara selanjutnya agar tidak boros kuota internet adalah dengan mematikan fitur auto update pada play store. Ini sangat besar pengaruhnya, sebab jika tidak dimatikan maka aplikasi akan mengupdate sendiri tanpa pemberitahuan. Terlebih untuk aplikasi yang besar, tentunya membutuhkan data internet yang besar pula untuk sekali update. Jadi alangkah baiknya matikan auto update atau paling tidak hanya update jika sedang terkoneksi wify.

4. Lakukan Streaming Video Hanya Saat Terkoneksi Wifi Gratis

Apakah kamu suka melihat streaming video? Jika iya, maka sebaiknya kurangi aktivitas ini atau setidaknya hanya melakukan streaming video saat berada atau terkoneksi dengan wify gratis saja. Sebab jika tidak, akan membuat kuota internek kamu cepat habis. Terlebih jika melihat streaming video dengan format gambar hd, maka tak butuh waktu lama untuk menghabiskan kuota hingga ribuan mb atau bahkan bergiga-giga.

5. Hanya Download dan Upload File Video Saat Terkoneksi Wifi Gratis

Tak ubahnya dengan streaming video atau lagu, aktivitas mendownload dan mengupload file terlebih file video, bisa membuat kamu boros kuota. Terlebih jika yang di download atau yang di upload filenya besar, maka besar pula kuota atau paket data yang di butuhkan. Jadi jika ingin hemat data internet, sebaiknya gunakan koneksi internet dengan bijak. Lakukan download dan upload file besar hanya jika sedang terkoneksi wify gratis saja. Kecuali jika hanya mendownload file gambar atau mungkin file berupa dokument office, maka gak masalah, karena tidak membutuhkan data yang besar.

6. Hindari Memainkan Game Online

Buat kamu yang hobby bermain game online maka siap-siap saja akan boros kuota. Jadi sebaiknya pilih game yang bisa dimainkan secara offline saja, agar kuota bisa dihemat dengan maksimal.

Nah, itu dia beberapa kebiasaan yang sebaiknya dilakukan agar data internet tidak boros. Selamat mencoba.

Baca Juga:

3 cara ampuh menghemat kuota internet, 7 cara menghemat kuota data internet di android, apk untuk menghemat kuota internet, aplikasi buat menghemat kuota internet, aplikasi hemat kuota internet iphone, aplikasi penghemat kuota internet, aplikasi penghemat kuota internet 3, aplikasi penghemat kuota internet di android, aplikasi penghemat kuota internet di pc, aplikasi penghemat kuota internet modem, aplikasi penghemat kuota internet pada android, aplikasi penghemat kuota internet pc, aplikasi untuk menghemat kuota internet, aplikasi untuk menghemat kuota internet android, aplikasi untuk menghemat kuota internet di