Tips Jitu Dalam Menghindari Hasrat Belanja yang Berlebihan

Tips Jitu Dalam Menghindari Hasrat Belanja yang Berlebihan – Belanja merupakan kegiatan yang paling menyenangkan, khususnya untuk anda para kaum hawa. Dan hal ini tak jarang bisa berdampak buruk pada keuangan keluarga anda. Nah, agar anda dapat terhindar dari keinginan untuk berbelanja barang yang kurang bermanfaat yang berpotensi merugikan tersebut, berikut ini kami bagikan beberapa tips yang bisa anda terapkan.

Tips Jitu Dalam Menghindari Hasrat Belanja yang Berlebihan

Tips Jitu Dalam Menghindari Hasrat Belanja yang Berlebihan

Cara Menghindari Hasrat Belanja yang Berlebihan

1. Usahakan Membawa Uang Tunai dan Gunakan Kartu Kredit Hanya Saat Perlu Saja

Kartu kredit merupakan fasilitas yang memberikan kemudahan kepada anda dalam hal transaksi keuangan. Akan tetapi, di balik kemudahan tersebut, jika kita tidak bisa menahan diri, justru akan berakibat buruk pada kesehatan dompet Anda. Untuk itu, sebaiknya akan lebih baik jika bawa saja uang tunai secukupnya dan taruh kartu kredit di rumah.

2. Jangan Jadikan Belanja Sebagai Terapi Penghilang Stress

Menjadikan belanja sebagai penghilang stress merupakan cara terapi yang salah. Karena ketika dalam kondisi stress, akan sulit mengontrol diri, sehingga anda akan membeli berbagai barang yang tidak terlalu penting tanpa anda sadari. Hal ini tentu membuat masalah baru dalam hal keuangan anda. Untuk itu sebaiknya cari cara lain yang lebih bagus dalam menghilangkan stress, misalnya seperti jalan-jalan, ataupun melakukan hoby yang bermanfaat.

3. Kalau Perlu, Blok Semua Situs Belanja di Komputer

Saat ini, berbelanja merupakan kegiatan yang sangat mudah dilakukan. Asal ada smartphone atau komputer dan akses internet, anda bisa belanja sesuka hati walaupun dari atas tempat tidur. Meski terlihat bagus, tentunya hal tersebut bisa menjadi mimipi buruk bila kita tidak dapat mengontrol diri dalam berbelanja. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk meblokir sementara situs-situs online dalam komputer. Sehingga anda dapat berkonsentrasi ketika sedang melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan komputer tersebut.

 4. Hindari Belanja Bersama

Melakukan kegiatan belanja sendiri lebih baik daripada bersama teman. Karena saat sedang belanja bersama teman, dapat memicu anda untuk membeli barang-barang yang tidak terlalu penting, hanya karena ikut-ikutan atau karena gengsi dengan teman anda tersebut.

5. Tabung Uang Anda Daripada Dibelanjakan

Mungkin untuk sebagian orang, menabung merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Untuk memulai membiasakan menabung, idealnya anda harus memiliki motivasi diri yang kuat. Misalnya, merencanakan sebuah liburan di akhir tahun, membeli rumah impian, atau hal-hal lainnya yang menyenangkan tetapi bermanfaat.

6. Donasikan Untuk Amal

Daripada menggunakan uang untuk berbelanja barang yang tidak anda butuhkan. Lebih baik uang yang anda miliki diberikan kepada orang yang membutuhkan. Atau anda dapat berbelanja untuk saudara, keluarga, atau teman yang benar-benar membutuhkan.

7. Belajar Move On Dari Kecintaan Pada Diskon

Kata diskon merupakan sebuah kata yang sangat disukai oleh para wanita ketika sedang berbelanja, yang tak jarang membuatnya gelap mata dalam berbelanja. Oleh karena itu, untuk anda yang tidak bisa mengontrol diri dari berbagai produk diskon, idealnya berbelanja di toko yang menawarkan harga pas tanpa embel-embel promo maupun diskon.

8. Membuat Daftar Belanja

Membuat daftar belanja merupakan salah satu cara yang dapat menyelamatkan keuangan anda ketika berbelanja. Dengan demikian, anda cukup berkonsentrasi pada barang yang ada dalam daftar belanja, tanpa melirik barang-barang yang lain.

9. Ubah Mindset

Mindset yang harus ditanamkan saat berbelanja adalah pola hidup sederhana. Dengan pola hidup yang sederhana tersebut, akan menciptakan ketenangan dalam jiwa dan menyelamatkan keuangan anda.

10. Stop Touching

Saat anda sedang berbelanja di mall atau pusat perbalanjaan lainnya, tentu anda akan menyentuh barang-barang yang sekiranya bagus, unik dan menarik perhatian anda. Nah, ternyata  hal ini perlu anda hindari, karena konon katanya dengan menyentuh barang yang anda sukai tersebut, dapat memicu anda untuk membelinya.

Hal ini memang banyak terbukti, bahkan penelitian yang diungkapkan oleh journal of consumer research, juga menyatakan bahwa memegang sebuah barang yang di  sukai, akan membuat anda merasa harus memiliki barang tersebut.

Baca Juga:

akibat belanja berlebihan, belanja berlebihan, belanja berlebihan menurut islam, belanja yang berlebihan, cara mengatasi belanja berlebihan, hukum belanja berlebihan