Tips Jitu Agar Terhindar dari Spying yang Merugikan dan Membahayakan

Tips Agar Terhindar dari Spying Merugikan – Kegiatan spying atau yang lebih dikenal peretasan/pembobolan ini memang semakin marak terjadi saat ini. Terlebih lagi  dengan kondisi para pengguna smartphone yang kurang paham dalam mengamankan berbagai data akun pentingnya, sehingga saat terkoneksi dengan internet, para hacker bisa dengan mudah membobolnya.

Nah, sebagai pengguna smartphone yang cerdas sebaiknya anda mengetahui hal-hal atau langkah-langkah dalam mengamankan akun anda dari serangan para oknum tak bertanggung jawab tersebut.

Tips Jitu Agar Terhindar dari Spying yang Merugikan dan Membahayakan

Tips Jitu Agar Terhindar dari Spying yang Merugikan dan Membahayakan

Cara Ampuh dan Jitu Agar Terhindar dari Spying

1. Gunakan Password Yang Berbeda Kepada Setiap Akun

Kebanyakan orang mau mengambil mudahnya saja untuk menyamakan kode passwordnya di beberapa akun media sosial miliknya. Padahal hal tersebut bisa dibilang tindakan yang  sangat ceroboh. Dengan menyamakan kata sandi pada semua akun, sama halnya memudahkan pekerjaan hacker dalam meretas akun anda semua dalam waktu bersamaan. Terlebih lagi kalau anda mensingkronkan akun media social juga ke email yang tersebut. Pasti akan semakin memperluas jangkauan dari kejahatan hacker tersebut.

Maka dari itu idealnya anda memberikan kode password yang berbeda kepada setiap akun yang anda miliki dan usahakan, demi keamanan supaya tidak mensingkronkan akun sosial media ke email.

2. Pastikan Anda Membuat Password Yang Kuat dan Sangat Unik

Pastinya sering kan melihat, sewaktu sedang membuat email baru terdapat tulisan atau peringatan ‘sandi lemah, sedang ataupun kuat’. Seharusnya anda tidak mengabaikan peringatan tersebut. Saat akun anda dikatakan lemah, seharusnya rubah lagi atau tambahkan karakter berbeda lagi, hingga benar-benar dikatakan kuat. Karena peringgatai tersebut merupakan acuan system yang mengidentifikasi tingkat keamanan sandi yang anda buat. Password yang kuat artinya tingkat keamanan password untuk berpeluang di hack sangat kecil. Dalam arti lain password anda akan sulit ditembus para hacker karena keunikan password.

Password yang kuat dapat diperoleh dengan mengombinasikan antara angka, huruf, dan karakter. Dan jangan lupa, saat membuat pasword, anda mencatatnya pada buku tertentu yang memang disiapkan untuk mencatat hal-hal penting semacam itu.

3. Pastikan Anda Menggunakan Fasilitas Keamanan dengan Maksimal atau Berlapis

Cara agar akun anda sulit terhindar kegiatan spying adalah dengan memanfaatkan fasilitas keamanan berlapis atau biasa disebut two-factor authetification. Jika anda menggunakan kata sandi manager online mungkin masih ada celah untuk para hacker dapat membobol akun anda. Maka dari itu, untuk lebih amannya lagi anda menggunakan tingkat keamanan berlapis. Jadi, saat anda log in akun, anda tidak hanya diminta untuk menuliskan password tapi juga diminta memasukkan kode khusus yang sebelumnya sudah dikirim ke ponsel anda. Walau kelihatannya sedikit merepotkan, namun percayalah, itu akan lebih baik jika dibanding anda harus merelakan akun diretas. Terlebih jika itu akun terkait data login ke bank, email dan lainnya, yang merujuk pada data-data penting anda.

4. Waspadalah Saat Menggunakan Internet Wi-Fi di Tempat Umum

Hal lain yang juga menjadi pemicu akun anda di retas adalah kebiasaan anda berselancar di internet dengan memanfaatkan wifi publik. Jika anda sedang menggunakan wifi publik sebisa mungkin untuk tidak log in pada akun penting anda. Dengan terhubung ke wifi public. Terutama untuk wifi umum/public dengan tingkat keamanan minim, akan mempermudah hackers dalam merentas ponsel para pengguna wifi tersebut. Akan lebih baik lagi, selain tidak boleh login pada akun penting, disarankan juga untuk menggunakan VPN jika ingin mengakses wifi umum. Dan jangan lupa, hindari melakukan transaksi banking saat tersambung ke wifi public tersebut.

5.Sebaiknya Mengaktifkan Mode Pesawat

Jika anda sedang tidak menggunakan ponsel, disarankan untuk mengaktifkan mode pesawat. Hal ini dilakukan agar ponsel tidak secara terus menerus menyalurkan informasi ke menara cell power. Menurut para ahli dibidang ini, seringkali menara cell power dimanfaatkan para hacker guna dicari celah keamanan para target, dan jika berhasil tentunya akan banyak ponsel yang berhasil mereka retas.

Nah itulah sedikit penjelasan terkait tips agar ponsel aman dari spying merugikan, yang dilakukan oleh para hacker tak bertanggung jawab.

Baca Juga:

1984 spying quotes, ad spying tools, android apk ear spy, android apps spying on you, android camera spying on me, android disable spying, android is spying on you, android microphone spying, android military spying, android mobile spying, android mobile spying software, android non spying keyboard, android phone spying on me, android phone spying on you, android spy apk