Hal Penting yang Harus di Persiapkan Untuk Menuju Bangku Perkuliahan

Ya, tak teras masa SMA atau masa putih abu-abu akan segera usai, dan sebentar lagi akan beranjak ke bangku perkuliahan. Dimana anda bisa menemukan tempat baru, lingkungan baru, dan pastinya teman baru.

Di masa tersebut, anda tak hanya akan mengedepankan pendidikan formal, namun tentunya juga pengembangan diri. Nah, agar anda tidak kaget dengan perubahan lingkungan yang cukup signifikan tersebut (dari SMA menuju perkuliahan), idealnya anda mempersiapkan hal-hal berikut ini. Apa saja?

Hal-Hal yang Harus di Persiapkan untuk Menuju Bangku Perkuliahan

Persiapan Menuju Bangku Perkuliahan

Persiapan Menuju Bangku Perkuliahan

1. Jaga Mental dan Fisik

Saat anda masuk ke dalam dunia perkuliahan anda akan menemukan dunia baru, teman baru, lingkungan baru, dunia yang jauh pada masa-masa SMA dan dunia anda sebelumnya, untuk itu anda harus mempersiapkan mental, terlebih lagi jika anda merantau ke kota lain dan jauh dari keluarga. Anda harus mempersiapkan segala keperluan anda sendiri dan mengatur semua sendiri, mulai dari perlengkapan kuliah dan perlengkapan sehari-hari, hingga untuk makan pun anda dituntut untuk menentukan pilihan sendiri bahkan membuatnya sendiri.

2. Target

Sebelum anda memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan anda harus menyiapkan target saat kuliah, baik target jurusan yang anda pilih, kegiatan selain kuliah saat anda menjalani perkuliahan dan masih banyak lagi lainnya. Jadi anda harus benar-benar menyusun rencana yang benar-benar tepat dan efektif, saat duduk di bangku perguruan tinggi. Karena di perguruan tinggi biasanya ada banyak kegiatan yang bisa dijadikan pengalaman berharga dalam menjalani masa depan.

3. Atur Keuangan Sebaik Mungkin

Karena jadwal kuliah tidak sama dengan jadwal anda saat masih duduk di bangku SMA  anda akan di beri pilihan menghabiskan waktu di kampus atau pergi bersama teman-teman anda. Akan ada kalanya anda hanya bisa menghabiskan waktu kuliah selama beberapa jam, setelah itu pergi bersama teman-teman, dan saat itu tentunya hal itu akan menguras uang jatah bulanan anda. Jadi, anda harus benar-benar bisa memanagement keuangan anda, agar tidak kehabisan uang sebelum waktunya.

4. Perlengkapan Kuliah

Perlengkapan yang harus anda siapkan untuk kuliah tentunya berbeda dengan perlengkapan waktu sekolah (SD, SMP, SMA). Pada saat kuliah nanti anda cukup membutuhkan satu buku catatan kecil dan binder. Dan anda akan lebih sering menggunakan komputer/laptop, flashdisk, printer dan bahkan Hp. Karena pada saat kuliah nanti dosen akan lebih sering meminta anda mengerjakan tugas dengan MS Word ataupun Power Point.

5. Mengatur Jadwal Sebaik Mungkin

Pada saat kuliah, ada kalanya anda dituntut untuk kuliah selama 7 hari full, jadi pada saat hari minggu pun, tak menutup kemungkinan anda masuk kuliah dengan tugas yang bayak dan deadline yang bersamaan. Bahkan seringkali anda dituntut untuk lembur dan bahkan begadang guna menyelesaikan semua tugas-tugas yang diberikan. Maka dari itu anda harus bisa mengatur jadwal sebaik mungkin, agar bisa menyelesaikan semua tugas dengan efisien, dan tidak mengganggu jadwal kuliah lainnya.

6. Menjaga Pergaulan

Saat anda sudah berada di bangku perkuliahan, anda akan mempunyai banyak teman baru yang tentunya memiliki banyak perbedaan, seperti perbedaan budaya, agama, karakter dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan tidak semua teman yang anda miliki itu mempunyai perilaku yang baik. Jadi, anda harus bisa menjaga diri, agar tidak ikut-ikutan menjadi tidak baik seperti teman anda tersebut.

Itulah beberapa  hal yang harus anda siapkan saat menuju dunia perkuliahan. Anda sudah siap?

Baca Juga:

kursi kuliah dwg, bangku kelas kuliah, bangku kuliah, bangku kuliah bekas, bangku kuliah bekasi, bangku kuliah chitose, bangku kuliah dijual, bangku kuliah futura, bangku kuliah harga, bangku kuliah kayu, bangku kuliah murah, bangku kuliah second, bangku kuliah surabaya, bangku kuliah.com, bangku kuliahan