Penyebab Laptop Hang, Lag, dan Solusi Terbaik Mengatasinya

Cara Mengatasi Laptop Hang – Anda mungkin merasa kesal saat sedang asyik bermain game atau mungkin saat ngerjain tugas, mendadak laptop menjadi lemot. Nah, kenapa hal tersebut terjadi pada anda, apa yang harus dilakukan. berikut telah kami rangkum penjelasan lengkapnya. Silahkan disimak.

Penyebab Laptop Hang Lag dan Solusi Terbaik Mengatasinya

Penyebab Laptop Hang Lag dan Solusi Terbaik Mengatasinya

Penyebab Laptop Lemot Atau Hang dan Solusinya

1. Terlalu Banyak Program atau Aplikasi

Banyaknya Program yang di instal akan membuat kapasitas memori dalam sistem semakin bertambah bebannya. Dan pastinya ini memicu kinerja Laptop yang menjadi berat dan akhirnya berpengaruh pada menurunnya performa.

Nah, untuk itu solusi mengatasinya adalah dengan cara menguninstall program yang tidak terlalu sering digunakan atau bahkan yang tidak pernah digunakan sama sekali, untuk mengurangi kapasitas RAM.Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik Start.
  • Pilih Control Panel.
  • Klik lagi Uninstall program.
  • Hapus program yang Anda inginkan.

 2. Terlalu Banyak Data dalam Hardisk

Hardisk sebagai media penyimpanan juga memiliki batas/kemampuan sesuai kapasitas dari pabriknya. Semakin banyak data yang tersimpan dalam Hardisk, atau dalam hal ini, makin sedikit ruang yang tersisa, maka akan berpengaruh pada performa Laptop Anda.

Solusinya Anda bisa hapus data yang berada di recycle bin, temporary folder, ataupun cache di Browser. Selain itu hapus file-file besar yang sudah tak terpakai, misalnya file video, lagu, aplikasi ataupun file lainnya yang sudah tidak penting. Setelah semua file yang gak penting dihapus, selanjutnya cek kapasitas ruang yang masih tersisa. Caranya adalah sebagai berikut. Pastikan ruang yang tersisa jangan kurang dari 15% dari total keseluruhan ruang yang ada.

  • Klik My Computer pada Drive yang ingin diperiksa.
  • Klik kanan di pilihan Properties.
  • Selanjutnya akan muncul (Used Space/Free Space).

 3. Virus

Virus juga dapat menjadi penyebab utama mengapa Laptop Anda menjadi lemot dan sering Hang.Untuk itu disarankan agar Anda sering melakukan Scanning dan selalu update program Antivirus minimal seminggu sekali.Supaya jika ada ancaman, sedini mungkin terdeteksi dan bisa kita bersihkan.

4. Defragment Hardisk

Biasanya ini digunakan untuk memperbaiki fragmentasi yang terjadi dalam Hardisk akibat terlalu sering menginstal dan uninstall program. Dengan melakukan defrag secara berkala, maka Laptop/komputerbisa bekerja lebih maksimal.

5. Masalah Jaringan

Jaringan yang buruk terjadi karena adanya traffic yang tinggi.Untuk mengatasinya silahkan Anda lepas dan pasang kembali konektor RJ45 pada LAN Card ataupun Roset LAN.Kemudian restart hub/switch dan gunakan program Port Scanner agar bisa melihat paket data apa saja yang keluar masuk dari Laptop Anda.

6. Processor Panas

Penggunaan Laptop lebih dari 2 jam akan membuat processor Laptop panas, sehingga daya untuk mengaksesnya berkurang.Jika sudah begitu , bisa saja menimbulkan masalah Processor Overheat (Terlalu Panas) yang berakibat pada kerusakan.

Saran terbaik adalah dengan  memakai Cooling Pad , ini sangat berguna untuk membantu menstabilkan kerja processor Laptop.Kurangi juga aktivitas akses software dalam waktu yang bersamaan sekaligus (multitasking).

7. Bermain Game

Game dengan kualitas grafik yang bagus memiliki ruang memori penyimpanan yang cukup besar.Ini membuat RAM Anda juga terkuras lebih cepat. Untuk itu, sebelum menginstal suatu game, di cek dulu, kira-kira spesifikasi laptop yang kita miliki, mampu atau tidak, menjalankan game tersebut.

Demikian gambaran mengenai penyebab Laptop hang dan juga solusinya.Sebenarnya masih ada bermacam-macam penyebab lain mengapa Lag bisa terjadi secara tiba-tiba.

Baca Juga:

10 penyebab laptop hang dan cara mengatasinya, acer laptop hang on startup, acer laptop hang problem, after laptop wake up from sleep mode it freezes, apa yang harus dilakukan apabila laptop hang, apa yang harus dilakukan ketika laptop hang, apa yang harus dilakukan saat laptop hang, apabila laptop asus hang, asus laptop freezes after sleep, asus laptop freezing windows 10, asus laptop hang driver, asus laptop hang hiba, asus laptop hang on startup, asus laptop hang problem, asus laptop hang what to do