Penuhi Nutrisi Harian Berikut Untuk Gaya Hidup Sehatmu

Nutrisi Harian Untuk Hidup Sehat – Perlu diketahui bahwa pemenuhan nutrisi pada tubuh merupakan hal yang penting dan wajib dilakukan. Karena organ tubuh dapatĀ  bekerja maksimal berkat nutrisi yang tercukupi. Untuk itu, apapun gaya hidup yang kamu jalani, sebaiknya selalu perhatikan asupan nutrisi setiap harinya.

Lantas, nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh dan berapakah porsinya? Berikut informasi selengkapnya.

Nutrisi Harian Berikut Untuk Gaya Hidup Sehatmu

Nutrisi Harian Berikut Untuk Gaya Hidup Sehatmu

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Harian Demi Hidup Sehat

1. Vitamin

Vitamin merupakan salah satu nutrisi penting yang harus selalu terpenuhi kebutuhannya. Dan pastinya banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, di antaranya:

  • Vitamin A. Kebutuhan vitamin A antara pria dan wanita sangat berbeda. Wanita membutuhkan sebantak 700 mikogram vitamin A per hari, sedangkan pria membutuhkan 900 mikogram vitamin A per hari. Vitamin A bisa didapatkan dari sayuran seperti wortel dan bayam, sedangkan untuk buah, bisa didapatkan dari pepaya dan pisang. Vitamin A dapat membantu kesehatan mata dan memperkuat daya tahan tubuh.
  • Vitamin B. Vitamin B masih diklasifikasikan kembali menjadi vitamin B1, vitamin B2, B3, B5, B6 dan B12.

Kebutuhan vitamin B1 per hari yaitu 1,5 mg. Vitamin B1 ini bisa didapatkan dari gandum, kacang hijau, susu dan roti.

Kebutuhan vitamin B2 yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu sebanyak 1,7 mg. Vitamin B2 ini bisa didapatkan di daging tanpa lemak dan asparagus.

Kebutuhan vitamin B3 yang dibutuhkan oleh tubuh sebanyak 20 mg per harinya. Vitamin B3 ini bisa didapatkan pada ikan tuna, salmon, alpukat, dan brokoli.

Kebutuhan vitamin B5 yang dibutuhkan oleh tubuh per harinya sebanyak 10 mg. Vitamin B5 ini bisa didapatkan pada syur-sayuran dan daging.

Kebutuhan vitamin B6 yang dibutuhkan oleh tubuh per harinya adalah 2 mg. Vitamin B6 bisa didapatkan melalui sayur-sayuran dan kacang-kacangan.

Kebutuhan vitamin B12 yang dibutuhkan tubuh adalah sebanyak 6 mcg. Vitamin B12 ini bisa didapatkan melalui ikan, daging, telur dan susu.

  • Vitamin C. Bagi wanita membutuhkan sebanyak 75 mg vitamin C per harinya, sedangkan pria membutuhkan sebanyak 90 mg per hari. Sumber vitamin C antara lain jeruk, kiwi, tomat, stroberi dan mentega.
  • Vitamin D. Perharinya tubuh manusia membutuhkan sebanyak 400 IU vitamin D. Sumber vitamin D yaitu jamur, kedelai, udang dan tiram.
  • Vitamin E. Jumlah vitamin E yang dibuthkan oleh tubuh yaitu sebanyak 30 IU per hari. Bagi wanita 15 mg dan pria 15 mg per hari. Sumber vitamin ini yaitu kacang alomn, hazelnut dan sarden.

2. Serat

Serat juga merupakan faktor penting dalam pemenuhan nutrisi dalam tubuh. Kebutuhan serat pada tubuh wanita yakni sebanyak 28 gram per harinya dan pada pria sebanyak 34 gram per harinya. Sumber serat antara lain buah-huahan, kacang-kacangan, sayuran, dan gandum utuh.

3. Protein

Tubuh manusia juga membutuhkan protein yang seimbang. Kadar protein yang dibutuhkan oleh tubuh wanita yakni sebanyak 42-68 gr per hari sedangkan pria sebanyak 55-66 gr per hari. Protein ini bisa didapatkan pada susu, daging dan tempe.

4. Karbohidrat

Karbohidrat juga penting untuk menunjang keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kebutuhan nutrisi karbohidrat pada wanita yakni sebanyak 200-2200 kkal per hari, sedangkan laki-laki sebanyak 2400-2800 perharinya. Sumber karbohidrat antara lain nasi, jagung, dan umbi-umbian.

5. Lemak dan Mineral

Kebutuhan lemak dan mineral juga penting untuk menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh. Kebutuhan lemak tidak boleh lebih dari 630 kkal. Mineral yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu kalsium sebanyak 600-700 mg dan zat besi.

Nah, sudahkah hari ini nutrisi kita terpenuhi?

Baca Juga:

angka kebutuhan gizi harian untuk karbohidrat, angka kebutuhan gizi harian untuk protein bagi setiap orang adalah, angka kebutuhan gizi harian untuk protein sebesar, asupan gizi harian, asupan nutrisi harian, cara menghitung nutrisi harian, gizi seimbang harian, kebutuhan gizi harian orang dewasa, kebutuhan nutrisi harian, kebutuhan nutrisi harian anak, kebutuhan nutrisi harian balita, kebutuhan nutrisi harian ibu hamil, kebutuhan nutrisi harian kambing, kebutuhan nutrisi harian manusia, kebutuhan nutrisi harian orang dewasa