Lindungi Diri dari Radiasi Ponsel Dengan Cara Berikut

Lindungi Diri dari Radiasi Ponsel – Ponsel saat ini merupakan barang yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Berpergian kemanapun, kurang lengkap rasanya tanpa ditemani oleh ponsel kesayangan. Namun di balik kemudahan yang ditawarkan, ada bahaya yang harus disadari. Bahaya itu berupa radiasi yang berasal dari sinyal ponsel, yang bekerja melalui frekuensi radio tertentu. WHO sebagai organisasi kesehatan dunia sudah secara resmi menyatakan bahwa radiasi ponsel yang berasal dari sinyal radio ini bersifat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker). Guna melindungi diri dari radiasi tersebut, beberapa cara dapat anda lakukan. Nah, berikut ulasan selengkapnya.

Lindungi Diri dari Radiasi Ponsel dengan Cara Berikut

Lindungi Diri dari Radiasi Ponsel dengan Cara Berikut

Lindungi Diri Dari Radiasi Ponsel Dengan Cara Ini

1. Batasi Penggunaan Ponsel Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kedengarannya memang sulit, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Hanya gunakan ponsel saat anda benar-benar membutuhkannya. Sebaiknya mengirim pesan teks seperti sms dibandingkan menelpon saat anda membutuhkan komunikasi.

2. Jangan Menggunakan Ponsel Saat Sinyal Melemah

Sinyal yang lemah menjadikan ponsel bekerja keras untuk memperoleh sambungan. Pada kondisi seperti ini, kemungkinan radiasi ponsel tercipta semakin besar. Bersabarlah hingga anda berada di tempat dengan sinyal yang memadai.

3. Jangan Menelpon Sambil Berkendara

Selain membahayakan diri anda dan pengguna jalan lain, menelpon sambil berkendara dapat membuat resiko radiasi meningkat. Saat anda berkendara, kendaraan yang bergerak cepat membuat ponsel terus bekerja menciptakan sambungan antar menara sinyal secara terus menerus. Energi radiasi yang dilepaskan pun menjadi semakin besar.

4. Jangan Menyimpan Ponsel Dekat Bagian Tubuh

Terutama saat ponsel menyala, jangan menyimpannya dekat bagian tubuh anda. Jarak penyimpanan ponsel yang dekat dengan tubuh, membuat badan kita menyerap radiasi lebih besar. Kebiasaan buruk seperti menyimpan ponsel di saku, menaruh ponsel di sebelah kita saa tidur sebaiknya ditinggalkan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi paparan radiasi terhadap tubuh kita.

 5. Jangan Menggunakan Ponsel Di Ruang Tertutup

Berada di ruang tertutup membuat ponsel bekerja lebih keras untuk mendapatkan sambungan. Hal ini menciptakan radiasi yang lebih besar. Karena itu hindari menggunakan ponsel di ruang tertutup seperti mobil dan lift.

6. Sebaiknya Gunakan Speaker Phone Saat Menelpon

Sebisa mungkin jauhkan kepala dari ponsel saat anda menelpon. Untuk itu gunakan speaker phone, terutama saat anda sedang sendirian dan tidak ada kemungkinan mengganggu orang lain. Menggunakan speaker phone menciptakan jarak aman ponsel dengan kepala anda sehingga dapat menurunkan paparan radiasi.

7. Gunakan Headset Jenis Ferrite Bead

Ferrite bead adalah aksesoris ponsel yang memiliki fungsi menurunkan radiasi. Jangan salah, kabel yang ada di headset biasa dapat menyalurkan radiasi dari ponsel ke telinga anda. Dengan menggunakan aksesoris ferrite bead, paparan radiasi dapat dikurangi.

8. Lakukan Hal Ini Saat Menggunakan Bluetooth

Radiasi yang berasal dari bluetooth memang lebih rendah daripada radiasi ponsel. Tetapi anda harus tetap melindungi diri. Caranya, saat menggunakan Bluetooth pindahkan ponsel dari satu sisi ke sisi lain. Hal tersebut berguna untuk menghindari konsentrasi radiasi hanya di satu sisi saja.

9. Manfaatkan Fitur Airplane Mode

Fitur airplane mode dapat meniadakan transmisi sinyal sehingga dapat menghentikan radiasi. Ketika anda tidak membutuhkan ponsel dalam jangka waktu lama, matikanlah ponsel anda atau nyalakan fitur airplane mode ini. Selain menghindari radiasi, anda juga dapat menghemat baterai.

10. Beli Ponsel Dengan Radiasi Yang Relative Rendah

Sebelum membeli ponsel sebaiknya anda mencari informasi ponsel merk apa yang memiliki radiasi yang rendah. Di samping itu, jika anda sudah memiliki ponsel patuhi cara penggunaannya. Kebanyakan produsen ponsel memberikan informasi mengenai cara menggunalan dan membawa ponsel yang benar, sehingga paparan radiasi dapat berkurang.

Nah, itu dia deretan tips yang bisa di terapkan untuk mengurangi radiasi ponsel. Selamat mencoba.

Baca Juga:

akibat radiasi handphone bagi kesehatan, akibat radiasi hp terhadap otak, akibat radiasi ponsel, anti radiasi ponsel, apakah radiasi hp bisa menyebabkan kanker otak, artikel dampak buruk radiasi ponsel bagi kesehatan, artikel tentang dampak buruk radiasi ponsel bagi kesehatan, bahaya radiasi handphone bagi kesehatan, bahaya radiasi handphone pada bayi, bahaya radiasi hp bagi kesehatan, bahaya radiasi hp bagi kesehatan manusia, bahaya radiasi hp bagi tubuh manusia, bahaya radiasi hp terhadap otak, bahaya radiasi ponsel android, bahaya radiasi ponsel bagi ibu hamil