Ini Dia 5 Kebudayaan Unik yang Hanya Ada di Indonesia

Kebudayaan Unik Indonesia – Sejak lama Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya dengan berbagai sumber daya yang dimiliki mulai dari bahasa, budaya, suku, agama, dan ras yang beragam bahkan menurut sebuah kajian terdapat 564 bahasa daerah di Indonesia. Tidak hanya itu, menurut data yang dilansir dari Wikipedia, hasil sensus BPS pada tahun 2010 terdapat 1.340 suku bangsa di Indonesia.

Kebudayaan Unik Indonesia

Kebudayaan Unik Indonesia

Terbayangkan seberapa kayanya negara Indonesia. Sudah selayaknya seluruh rakyat Indonesia bangga menjadi bagian di dalamnya. Salah satu bentuk nyata rasa bangga itu bisa kita lakukan dengan terus melestarikan budayanya. Nah, berhubungan dengan budaya, berikut ini telah kami rangkum beberapa kebudayaan unik yang hanya ada di Indonesia. Apa sajakah itu?

1. Ritual Tiwah Dayak Kalteng

Budaya unik yang pertama adalah ritual tiwah, yaitu sejenis upacara mengantarkan tulang belulang orang-orang yang sudah meninggal ke tempat peristirahatan terakhirnya yang bernama sandung. Hal ini dilakukan dengan harapan roh-roh orang yang telah meninggal dapat tenang di surga. Ritual ini dilakukan oleh suku Dayak Kalimantan tengah, khususnya para penganut kepercayaan kaharingan atau hindu kaharingan.

Bagi masyarakat Dayak, ritual tiwah dianggap sebagai ritual sakral yang kental dengan unsur-unsur kemagisan yang didapat dari nenek moyang masyarakat Dayak.

2. Kebo-keboan, Budaya Khas Banyuwangi

Berikutnya ada kebo-keboan yang dapat ditemui di Banyuwangi, tepatnya di daerah alas malang dan aliyan. Ritual ini sudah ada sejak abad ke 18 yang biasa diselenggarakan pada tanggal 1-10 bulan syura. Tujuan dari diadakannya ritual ini adalah meminta hujan ditengah musim kemarau.

Sesuai namanya, peserta dari ritual kebo-keboan akan didandani layaknya seekor kebo. Kebanyakan pesertanya adalah kaum lelaki. Tetapi bukan berarti para wanita hanya duduk diam, mereka mempunyai tugas menyiapkan makanan dan sesajenan. Sesajen ini konon dipercaya untuk menyelamatkan beberapa ruas jalan dusun krajan.

3. Dugderan Budaya Khas Semarang Menjelang Ramadhan

Kebudayaan unik berikutnya ialah dugderan. Buat yang belum tahu, dugderan adalah tradisi tradisional khas Semarang yang telah ada sejak tahun 1881. Tujuan dari diadakannya ritual ini, sebagai salah satu cara mencurahkan rasa rindu mereka pada bulan Ramadhan. Biasanya tradisi ini diselenggarakan 1-2 minggu sebelum bulan Ramadhan.

Tradisi dugderan ini diawali dengan bazaar rakyat. Kemudian dilanjutkan dengan acara karnaval yang terdiri dari pasukan merah-putih, barisan para pelajar, kelompok putri bunga, pasukan berkuda, dan aneka mobil hias. Jika anda ingin menyaksikan ritual ini, sebaiknya siapkan kamera untuk mengabadikan setiap moment-moment yang saying jika anda lewatkan.

4. Karapan Sapi Budaya Khas Madura

Budaya unik yang dimiliki Indonesia selanjutnya ialah karapan sapi.  Budaya ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Karapan sapi merupakan budaya khas Madura, jawa timur. Budaya ini sudah ada sejak zaman belanda yang kemudian masih tetap dilestarikan masyarakat Madura hingga sekarang. Konon katanya peserta yang ikut serta dalam ritual ini akan terpandang status sosialnya.

5. Kasada, Upacara Khas Masyarakat Tengger

Budaya unik yang kelima adalah ritual kasada. Ritual ini dilakukan oleh masyarakat suku tengger yang ada di kaki gunung bromo. Kasada diadakan pada hari ke-14 bulan kasada. Upacara ini sebagai bentuk penyembahan sesajen kepada Sang Hyang Widhi karena telah diberikan kesehatan dan hasil panen yang melimpah.

Nah, itu dia diatas terkait keunikan-keunikan budaya yang hanya ada di Indonesia. Setelah menyimak pemaparan diatas, sudah selayaknya kita dapat lebih menghargai, dan berupaya ikut melestarikan budaya-budaya yang ada.

Baca Juga:

10 budaya unik di indonesia, 10 budaya unik indonesia, 5 budaya unik di indonesia, acara karapan sapi berasal dari suku, acara karapan sapi madura, adu karapan sapi, alat karapan sapi, animasi karapan sapi, apa itu karapan sapi madura, arti lagu kerapan sapi madura, artikel budaya indonesia yang unik, artikel karapan sapi madura, asal mula karapan sapi madura, asal usul karapan sapi madura, berita karapan sapi madura