Kebiasaan Sepele Yang Memicu Kerusakan Serius Pada Smartphone

Kerusakan Serius Pada Smartphone РApakah anda pernah merasakan smartphone anda mengalami penurunan seperti mendadak baterai yang jadi boros atau peforma yang menjadi lemot? Mungkin beberapa dari kita pernah mengalaminya. Tapi apakah anda sadar jika ternyata, penyebab kejadian tersebut adalah dari anda sendiri? Yup smartphone yang mendadak boros dan mungkin juga lemot, bisa diakibatkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk yang cenderung sepele, yang selama ini tidak kita sadari. Lantas, kebiasaan buruk apa yang dimaksud?

Kebiasaan Sepele yang Memicu Kerusakan Serius pada Smartphone

Kebiasaan Sepele yang Memicu Kerusakan Serius pada Smartphone

Kebiasaan Kebiasaan Yang Dapat Merusak Ponsel

1. Mencharger Baterai Semalaman

Mungkin banyak dari kita yang setiap sebelum tidur, tidak lupa untuk terlebih dahulu mencharge ponsel masing-masing. Namun pernahkan anda berpikir berapa waktu yang dibutuhkan untuk mengisi penuh daya baterai dan berapa lama anda tidur? Bayangkan berapa lama daya tetap mengisi ponsel anda, padahal baterainya sudah penuh.

Walaupun memang terlihat praktis karena membuat ponsel selalu terisi penuh pada pagi hari, tetapi faktanya kegiatan ini tidak baik bagi kesehatan baterai apalagi jika dilakukan secara terus menerus. Akibatnya, baterai cenderung berpotensi menggelembung, bocor, hingga boros.

2. Menggunakan Charger

Kebanyakan dari kita mungkin malas untuk sekedar membawa charger ketika bepergian dan lebih memilih untuk menggunakan charger milik orang lain. Walaupun cara ini bisa dibilang praktis, tetapi mencharge smartphone menggunakan perangkat yang bukan pasangannya ternyata dapat merusak smartphone kita lho!

Ternyata, setiap adaptor charger memiliki tekanan arus listrik yang berbeda-beda yang tentu saja telah disesuaikan dengan smartphone bawaannya. Oleh karena itu, jika kita mengisi daya ponsel dengan charger yang bukan pasangannya, ada kemungkinan bahwa charger tersebut memiliki tekanan yang berbeda dari yang dibutuhkan ponsel tersebut. Perbedaan tekanan ini jika dilakukan terus menerus akan menyerang sistem kelistrikan dan dapat merusak baterai.

3. Menggunakan Case Yang Tidak Tepat

Menggunakan aksesoris seperti case pada smartphone memang sangat menguntungkan. Selain membuat tampilan smartphone lebih cantik, penggunaan case juga dapat melindungi smartphone dari goresan dan benturan. Tapi ternyata ada beberapa case yang malah merugikan saat digunakan lho! Ada beberapa case yang tidak di desain dengan sirkulasi udara yang baik. Hal ini akan menimbulkan panas pada smartphone tidak bisa keluar dengan baik dan jika dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan ponsel anda rusak.

4. Menggunakan Ponsel Dalam Suhu Yang Panas

Apakah anda sering mengoperasikan ponsel dalam ruangan yang panas atau dibawah paparan sinar matahari langsung? Jika pernah, mak kegiatan yang anda lakukan itu berpotensi membuat ponsel anda rusak. Penggunaan dalam suhu yang panas otomatis akan berdampak pada suhu ponsel yang panas bahkan hingga menyebabkan overheating (kepanasan). Hal ini jika dibiarkan terus menerus tentu dapat membuat ponsel anda rusak.

5. Tidak Pernah Mematikan Ponsel

Apakah anda adalah tipe orang yang jarang mematikan ponsel? Jika iya, harap berhati-hati karena hal ini bukan tidak mungkin membuat ponsel anda rusak. Mematikan ponsel secara berkala memang terkesan tidak praktis. Tetapi sebagai mesin, ponsel tentu membutuhkah istirahat. Istirahat ini bisa dilakukan pada saat ponsel dimatikan. Hal ini dikarenakan pada saat dimatikan ponsel anda akan melakukan penyegaran sistem. Jika ponsel tidak pernah dimatikan maka sistem akan bekerja tanpa henti bahkan saat ponsel tidak digunakan sekalipun.

Nah, apakah anda sering melakukan kebiasaan-kebiasaan diatas, jika iya, maka sebaiknya mulai sekarang rubah kebiasaan tersebut. Agar smartphone anda awet dan selalu dalam kondisi optimal.

Baca Juga:

analisa kerusakan smartphone, aplikasi cek kerusakan smartphone, cara cek kerusakan smartphone, cara mengecek kerusakan smartphone, cara mengetahui kerusakan smartphone, cek kerusakan smartphone, ciri kerusakan baterai smartphone, gejala kerusakan smartphone, jenis jenis kerusakan layar smartphone, jenis jenis kerusakan pada layar smartphone, jenis kerusakan lcd smartphone, jenis kerusakan pada layar smartphone, jenis kerusakan pada smartphone, jenis kerusakan smartphone, jurnal kerusakan smartphone