Inilah Deretan Jenis Hewan Paling Pandai di Dunia

Jenis Hewan Terpandai di Dunia – Kita sebagai manusia pada dasarnya merupakan makhluk yang memiliki tingkat kesadaran dan kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan organisme yang lain. Selain itu, kita juga dikaruniai suatu daya perasaan dan emosi untuk dapat mengekspresikan sikap maupun perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Namun bagi sebagian ilmuwan, terdapat semacam perbedaan pendapat tentang maksud dari tingkat  kecerdasan untuk tiap organisme yang hidup di alam ini.

Tanpa kita sadari, sebenarnya beberapa jenis hewan memiliki kecerdasan tertentu untuk melakukan berbagai upaya baik dalam menghadapi suatu rintangan maupun sekedar mencari makanan di habitat mereka.

Meskipun rata-rata tingkat kecerdasan mereka masih di bawah manusia, setidaknya ada beberapa jenis hewan yang masuk kategori tercerdas di dunia (menurut versi ilmuwan). Nah, penasaran?

Jenis Hewan Paling Pandai di Dunia

Jenis Hewan Paling Pandai di Dunia

1. Burung Gagak Hitam (Ravens)

Salah satu jenis burung gagak ini bisa dikatakan sebagai hewan yang dapat melakukan berbagai hal berbeda dalam satu waktu. Keterampilan hewan ini sebagian besar terasah hanya dengan menonton cara bertahan hidup orang tua mereka sejak kecil.

Mereka biasa membuat alat penjerat entah dari sebatang ranting maupun bulu untuk mengambil makanan dari posisi yang sulit dijangkau. Hewan ini juga mampu memanipulasi lingkungan sosial mereka untuk melindungi dari perubahan iklim yang tiba-tiba maupun serangan predator.

2. Simpanse (Chimpanzees)

Menurut para peneliti, tingkat kecerdasan dari genom spesies hewan ini hampir 98% cukup identik dengan manusia. Bahkan dari tes uji memori, Mereka juga memiliki ingatan yang lebih baik dari kita. Hewan ini juga memiliki nilai empati dan kesadaran diri yang tinggi pada kehidupan kelompok sosial mereka. Dari sisi keterampilan, mereka bisa membuat berbagai macam alat perburuan dan mampu mengatasi berbagai situasi medan yang sulit di habitat mereka.

3. Lumba-Lumba (Dolphin)

Kecerdasan salah satu mamalia laut ini memang sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Mereka bisa memanfaatkan bunyi gema dari pantulan sinyal suara luar untuk mengantisipasi suatu bahaya. Hewan ini juga dapat berkomunikasi dengan manusia menggunakan suatu kode isyarat maupun bunyi dari peluit. Menurut laporan dari Discovery News, bahwa otak lumba-lumba lebih terstruktur dan kompleks daripada manusia serta memiliki semacam daya emosi yang kuat.

4. Gurita (Octopus)

Gurita merupakan salah satu hewan invertebrata laut yang sebenarnya memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Hal ini diperkuat dengan struktur otak mereka yang lebih kompleks sehingga mampu memproses informasi visual dengan baik. Makhluk ini juga memiliki daya ingat dan rasa penasaran yang tinggi serta kemampuan untuk belajar terhadap situasi yang baru di lingkungan mereka.

5. Gajah (Elephant)

Hewan mamalia darat terbesar yang memiliki berat sampai 7000 kg dan tinggi 4 meter ini memang cukup cerdas. Meskipun ukuran otak mereka relatif sedang, sebagian besar dari mereka bisa memiliki daya ingat yang tinggi terhadap sesuatu. Selain itu, mereka juga mampu memanfaatkan suatu alat tertentu untuk sekedar mengusir lalat atau kutu di badan mereka.

6. Anjing (Dog)

Hewan yang memiliki indera penciuman tajam ini merupakan salah satu jenis hewan yang cerdas. Mereka bisa mengenali suatu keberadaan objek dengan sangat akurat. Anjing yang biasa dipelihara oleh manusia biasanya memiliki sifat naluri kepatuhan yang cukup baik dalam mengenali tuannya.

7. Kucing (Cat)

Sebenarnya jika seekor kucing dilatih dengan baik, biasanya mereka bisa mempelajari berbagai trik dalam satu waktu. Selain itu, mereka merupakan hewan yang soliter yaitu memiliki motivasi yang tinggi dalam bertahan hidup. Hewan ini juga mampu mengenali lingkungan habitatnya dengan cukup baik

8. Tupai (Squirrel)

Hewan mamalia ini merupakan salah satu jenis hewan cerdas yang mampu memanipulasi sesuatu. Sebagai contoh tupai bahkan mampu menipu sang predator (ular) dengan melumuri bulunya yang lebat dengan aroma kulit ular derik yang sudah mati untuk mengelabuhi bau tubuhnya.

9. Tikus (Rat)

Secara psikologis, hewan pengerat ini sebenarnya hampir mirip dengan manusia dalam hal perasaan dan tingkat stress. Dalam berbagai uji coba, tikus pada dasarnya mahir dalam melarikan diri dan cukup cepat dalam menemukan jalan pintas. Hal itu bisa menjadi alasan kenapa hewan ini mampu menjelajah di setiap benua di belahan bumi ini.

10. Babi (Pig)

Sebuah penelitian pada tahun 1990-an, seekor babi diuji untuk memindahkan sebuah kursor layar dan hasilnya adalah mereka dapat membedakan suatu goresan tertentu dan cukup baik dalam mengingat suatu objek. Untuk bertahan hidup, hewan ini biasanya menggulingkan badannya di lumpur (untuk mengatasi kedinginan), karena mereka tidak memiliki kelenjar keringat.

Itulah di atas jenis hewan terpandai di dunia. Semoga bisa menambah wawasan anda.

Baca Juga:

7 hewan paling pintar, aksi hewan pintar, anak pintar hewan laut, apakah hewan lebih pintar dari manusia, atraksi hewan pintar, babi hewan pintar, binatang apa pandai, binatang apa pandai berenang, binatang apa pandai bicara, binatang apa pandai menari, binatang apa pandai menyanyi, binatang apa pandai merayu, binatang lucu pandai bersuara, binatang nya pandai, binatang nya pandai bersiul