Ini Dia Plus Minus BPJS Kesehatan Indonesia yang Sebaiknya Anda Tahu

Kelebihan Dan Kekurangan BPJS Kesehatan – Jika Anda sekarang ditanya mengenai Asuransi Kesehatan, pasti kebanyakan  akan langsung berpikiran  dan menjawab BPJS Kesehatan. Memang sudah sepatutnya, mengingat promosi yang gencar dilakukan oleh pemerintah untuk memperkenalkan produk baru pemerintah tersebut, sejak 1 Januari 2014 silam. Tak dapat pula dipungkiri, bila hadirnya layanan ini juga untuk mengingatkan masyarakat Indonesia tentang pentingnya asuransi kesehatan dan pastinya sudah jutaan masyarakat Indonesia yang mendapatkan manfaat dari kehadirannya. 3 tahun berlalu, banyak yang telah mengalami langsung layanan BPJS Kesehatan. Tidak sedikit pula perbaikan dan pembenahan sistem yang dilakukan untuk mencapai sebuah pelayanan kesehatan yang baik, mudah dan dapat memuaskan bagi peserta.

Meski sudah hampir 3 tahun dicanangkan, sebagian besar masyarakat masih buta akan BPJS Kesehatan. Banyak yang tahu, namun tak banyak yang paham tentang fasilitas pelayanan yang diberikan oleh icon asuransi Pemerintah ini.

Ini Dia Plus Minus BPJS Kesehatan Indonesia yang Sebaiknya Anda Tahu

Ini Dia Plus Minus BPJS Kesehatan Indonesia yang Sebaiknya Anda Tahu

Plus Minus BPJS Kesehatan Indonesia

Setenar apapun suatu produk, pasti memiliki sisi plus dan minus, karena tentunya tak ada yang sempurna di dunia ini. Dan tidak terkecuali dengan produk asuransi pemerintah BPJS. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan BPJS tersebut?

1. Poin Plus dan Kelebihan BPJS Kesehatan Indonesia

  • Terjangkau

Poin plus pertama yang ditawarkan oleh asuransi negeri ini adalah biaya yang terjangkau oleh seluruh kalangan masyarakat. Bila dibandingkan dengan jenis asuransi kesehatan lain yang ada jelas BPJS lebih murah dan terjangkau. Terjangkau namun bukan berarti mendapat fasilitas murahan dan pelayanan seadanya. Namun, hanya kriteria fasilitas yang didapat merupakan fasilitas standar dan BUKAN fasilitas yang jelek.

Sekarang ini, fasilitas yang disediakan oleh BPJS Kesehatan terbagi menjadi 3 kelas. Kelas pertama (1), Anda disyaratkan untuk membayar iuran Rp 80.000/ orang tiap bulan untuk mendapatkan fasilitas kelas pertama. Kelas dua (2), mungkin cocok dengan Anda yang berada pada kelas ekonomi menengah. Untuk mendapatkan pelayanan fasilitas kelas dua Anda hanya diminta untuk membayar Rp 51.000 / orang tiap bulan. Dan terakhir, Kelas tiga (3), dengan membayar Rp 25.500/ orang tiap bulan, Anda sudah dapat menikmati fasilitas standar yang disediakan oleh fasilitas pelayanan kesehatan tempat Anda berobat .

  • Wajib dan tidak terkecuali

BPJS Kesehatan merupakan program yang dibuat oleh pemerintah, dengan target bahwa seluruh masyarakat Indonesia. Maka akan diwajibkan bagi warga Negara Indonesia untuk ikut mendaftarkan diri tanpa ada pengecualian.

  • Tidak perlu

Berbeda dengan asuransi milik swasta, BPJS tidak menganjurkan peserta yang ingin mendaftar untuk melakukan Medical Check-Up. Hal ini berbeda dengan asuransi swasta, dimana Anda diwajibkan melakukan medical check up dimana hasilnya akan menentukan apakah Anda bisa mendaftar menjadi peserta atau tidak.

  • Proteksi seumur hidup

Poin plus lain yang ditawarkan adalah masa aktif asuransi Anda adalah seumur hidup. Beda dengan asuransi swasta, dimana polis yang disepakati terdapat batas umur.

2. Poin Minus BPJS Kesehatan Indonesia

Banyak kelebihan, namun tidak pula luput dari kelemahan. Nah, berikut ulasan kelemahan dari BPJS Kesehatan yang banyak dirasakan.

  • Metode berjenjang

Diluar kondisi darurat, peserta diharuskan mengikuti alur fasilitas, dengan memeriksakan penyakit di faskes tingkat 1, yaitu puskesmas dan klinik. Apabila di faskes tingkat 1 tidak bisa menangani maka oleh faskes tingkat 1 akan diberikan rujukan untuk ke faskes tingkat 2, yaitu Rumah Sakit.

  • Antri lama

Hal yang masih menjadi keluhan banyak pengguna fasilitas BPJS Kesehatan adalah antrian yang panjang ketika ingin mendaftar maupun menggunakan fasilitas tersebut. Hal ini terjadi karena semakin banyak yang menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan sehingga antrian panjang pun tak dapat dihindari.

Mau sebaik dan sebagus apapun asuransi yang kita pilih. Baiknya pilih yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kita.

Baca Juga:

alamat bpjs kesehatan indonesia, alamat bpjs kesehatan seluruh indonesia, alamat kantor bpjs kesehatan seluruh indonesia, apa beda bpjs kesehatan dengan kartu indonesia sehat, apa bedanya kartu indonesia sehat dengan bpjs kesehatan, apakah bpjs kesehatan berlaku di seluruh indonesia, apakah bpjs kesehatan bisa digunakan di seluruh indonesia, apakah kartu indonesia sehat sama dengan bpjs kesehatan, beda bpjs kesehatan dan kartu indonesia sehat, beda bpjs kesehatan dengan kartu indonesia sehat, bedanya bpjs kesehatan dengan kartu indonesia sehat, bpjs kesehatan atau kartu indonesia sehat, bpjs kesehatan bekasi kota bekasi indonesia, bpjs kesehatan berlaku di seluruh indonesia, bpjs kesehatan berlaku seluruh indonesia