Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Panas

Mengatasi Smartphone Cepat Panas – Pernahkah anda mendapati smartphone milik anda mendadak panas yang melebihi biasanya. Jika itu terjadi, kemungkinan smartphone anda mengalami overhead. Selain tidak nyaman ketika digenggam/digunakan, smartphone yang terlalu panas akan membuat komponen-komponen didalamnya menjadi cepat rusak.

Karena itulah menjaga suhu smartphone pada keadaan normal adalah suatu yang penting dilakukan apapun jenis smartphone yang anda gunakan. Lalu, apa saja penyebab smartphone panas dan bagaimana cara mengatasinya?

Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Panas

Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Panas

Penyebab Smartphone Cepat Panas

1. Penggunaan Berlebihan

Jika anda adalah seorang gamer yang gemar menghabiskan berjam-jam waktu anda untuk bermain game di smartphone, bisa jadi hal inilah yang membuat smartphone anda menjadi sangat panas. Ya, penggunaan tanpa henti apalagi untuk bermain game tentu membuat CPU dan GPU bekerja tanpa henti dan tentu saja menghasilkan panas.

2. Sinyal Tidak Stabil

Tanpa disadari, kondisi sinyal yang tidak stabil akan membuat ponsel terus bekerja untuk mencari sinyal. Proses ini relatif berlangsung tanpa henti dan menyebabkan ponsel panas karena ponsel bekerja tanpa henti untuk mencari sinyal.

3. Pemakaian Di Tempat Panas Atau Terkena Sinar Matahari

Tak hanya faktor internal atau dari dalam, faktor luar juga menjadi salah satu faktor penyebab suhu smartphone anda menjadi panas. Apakah anda seorang dituntut untuk banyak bekerja di luar ruangan dan terkena sinar matahari secara langsung? Bisa jadi itu adalah faktor yang menyebabkan ponsel anda menjadi panas karena pemakaian ponsel dalam kondisi yang panas dapat meningkatkan suhu dari ponsel anda.

Cara Mengatasi Smartphone Panas

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Perlu

Walaupun tidak pernah dibuka sekalipun, aplikasi-aplikasi yang menimbun dalam ponsel anda merupakan salah satu faktor penyebab munculnya panas. Kenapa? Karena walaupun tak pernah digunakan, sistem di ponsel anda akan otomatis membuat aplikasi tersebut standby setiap saat yang tentu saja membuat ponsel bekerja lebih keras dan menimbulkan panas. Untuk itu, sebaiknya hapus aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan.

2. Perhatikan Penggunaan Case

Perlu diketahui, tak semua case memiliki sirkulasi udara yang baik. Beberapa jenis case merupakan pemicu smartphone menjadi panas dan menimbulkan overheating. Oleh karena itu sebaiknya pilihlah case yang tak hanya keren tetapi juga memiliki sirkulasi udara yang bagus.

3. Pilih Jaringan Yang Stabil

Ponsel-ponsel masa kini pada umumnya sudah mendukung jaringan 4G LTE yang menawarkan internet dengan kecepatan tinggi. Tapi sayangnya di negeri ini jaringan 4G masih tidak merata. Untuk itu kami sarankan jika daerah tempat tinggal anda jaringan 4G masih belum stabil, lebih baik mengubah settingan ponsel anda menjadi WCDMA Only saja.

4. Beri Waktu Ponsel Untuk Beristirahat

Penggunaan ponsel secara terus menerus pastinya akan membuat ponsel cepat panas. Oleh karena itu pemberian jeda bagi ponsel untuk beristirahat sangat penting adanya. Dengan memberi ponsel waktu beristirahat artinya juga memberikan hardware waktu untuk mendinginkan diri sebelum dipakai bekerja lagi. Hal ini relatif dapat mengendalikan suhu ponsel menjadi stabil.

5. Jangan Gunakan Smartphone Saat Di Charge

Aturan yang tepat mengenai tata cara mengisi daya ponsel adalah mengisi dengan keadaan ponsel mati. Walaupun memang mengisi daya sambal memainkan ponsel tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan baterai, tapi faktanya kegiatan tersebut dapat memicu panas berlebihan yang muncul dari dalam ponsel lho! Oleh karena itu memang  alangkah baiknya untuk tidak menggunakan smartphone pada saat sedang di charge.

Nah, itulah diatas penyebab dan cara mengatasi ponsel yang cepat panas. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

apa penyebab smartphone panas, penyebab baterai smartphone panas, penyebab charger smartphone panas, penyebab cpu smartphone panas, penyebab hp smartphone panas, penyebab layar smartphone panas, penyebab panas berlebih pada smartphone, penyebab panas pada smartphone, penyebab smartphon cepat panas, penyebab smartphon panas, penyebab smartphone android cepat panas, penyebab smartphone android panas, penyebab smartphone gampang panas, penyebab smartphone jadi panas, penyebab smartphone menjadi panas