Ingin Menenangkan Hati Dan Merefresh Pikiran? Datang Saja Ke Pantai Rajegwesi Di Banyuwangi

Pantai Rajegwesi Di Banyuwangi – Jika berbicara soal kehidupan, siapapun pasti tahu bahwa ada banyak hal yang bisa mengacaukan suasana hati, entah itu karena hubungan, studi, pekerjaan ataupun karena hal yang lainnya. Nah, saat suasana hati sedang kacau seperti ini, salah satu cara yang bisa dipilih untuk mengatasinya adalah dengan pergi berwisata. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, datang saja ke Pantai Rajegwesi di Jawa Timur, dijamin kegalauan Anda akan segera menguap. Memangnya ada apa sih di Pantai Rajegwesi ini? Daripada penasaran, cari tahu jawabannya dibawah ini:

Ingin Menenangkan Hati dan Merefresh Pikiran Datang Saja ke Pantai Rajegwesi di Banyuwangi

Ingin Menenangkan Hati dan Merefresh Pikiran Datang Saja ke Pantai Rajegwesi di Banyuwangi

Lokasi Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi ini terletak di Banyuwangi, Jawa Timur, tepatnya di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran dan masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri, bahkan menjadi pintu masuk yang pertama di bagian timur Taman Nasional Meru Betiri.

Pesona Memukau Pantai Rajegwesi

Nama Rajegwesi yang disematkan pada pantai yang ada di Banyuwangi ini terdiri dari dua kata, yakni Rajeg dan Wesi, dimana dalam Bahasa Jawa, kedua kata tersebut memiliki arti Tiang Pancang dan Besi. Ini berkaitan dengans ejarah dari Pantai Rajegwesi itu sendiri dimana pada saat masa penjajahan dahulu, Jepang menancapkan tiang pancang yang dibuat dari kayu jati di perairan Teluk Rajegwesi.

Nah, pada tahun 1994 yang lalu, pantai ini dilanda oleh tsunami yang terjadi sebagai akibat dari gempa tektonik dengan kekuatan 7,2 SR di Palung Jawa. Tsunami ini menyebabkan jatuhnya korban jiwa hingga lebih dari 200 orang dan kerusakan yang diakibatkannya juga cukup parah dimana pemukiman yang sebelumnya ada di pinggir pantai menjadi rata oleh gelombang.

Namun, jika Anda berkunjung ke Pantai Rajegwesi saat ini, Anda tidak akan menemukan lahan yang kosong karena saat ini Pantai Rajegwesi ini sudah berada di tengah-tengah perkampungan nelayan. Makanya, nanti Anda jangan heran jika Anda menemukan banyak perahu nelayan yang berjejer di pinggir pantai jika Anda datang ke pantai ini.

Anda tidak suka dengan pemandangan perahu seperti ini? Jangan khawatir, karena selain menampilkan perahu-perahu, Pantai Rajegwesi juga menyediakan pemandangan yang pasti tidak bisa Anda tolak, dimana pasirnya berwarna kecoklatan sebagai akibat dari endapan lumpur sungai yang bermuara di Pantai Rajegwesi in, tebing batu yang sekaligus mengandung besi di sisi kanannya serta debur ombak yang cenderung kecil meskipun pantai ini termasuk dalam jajaran pantai selatan yang terkenal dengan ombaknya yang ganas.

Ombak kecil ini tidak lain dikarenakan oleh adanya batu karang tinggi seperti tembok raksasa, dimana nama batu karang ini adalah Rajegwesi, yang memang seolah menghalangi besarnya ombak tersebut. Makanya Pantai Rajegwesi ini terhitung sebagai pantai yang aman untuk berenang.

Selain menyuguhkan panorama alam, Pantai Rajegwesi ini juga menampilkan beberapa atraksi budaya yang berupa aktifitas masyarakat dalam proses pembuatan gula Jawa serta agrowisata. Dan jika Anda datang ke Pantai Rajegwesi ini saat bulan Suro, Anda memiliki kesempatan untuk menyaksikan tradisi petik laut yang dilakukan oleh masyarakat sekitar dengan cara melarungkan kepala kambing ke tengah laut.

Disamping keistimewaan dari segi panorama alam, aktifitas masyarakat serta atraksi budaya, Pantai Rajegwesi ini juga menjadi habitat serta penangkaran penyu. Wah lengkap sekali ya yang bisa dinimkmati di sana.

Tentunya, dengan segala keistimewaan yang ada, tempat ini memang sangat layak untuk mengusir segala penat ataupun kegalauan hati anda. Dan tentunya juga sangat mengasyikkan untuk dijadikan tujuan berlibur bersama keluarga.

Baca Juga:

akses menuju pantai rajegwesi, alamat pantai rajegwesi, gambar pantai rajegwesi, jalan ke pantai rajegwesi, jalan menuju pantai rajegwesi, letak pantai rajegwesi, lokasi pantai rajegwesi, misteri pantai rajegwesi, pantai penyu sukamade kabupaten banyuwangi jawa timur, pantai rajegwesi, pantai rajegwesi banyuwangi, pantai rajegwesi di banyuwangi, pantai rajegwesi kabupaten banyuwangi jawa timur, pantai rajegwesi kabupaten banyuwangi jawa timur 68488, pantai rajegwesi kabupaten banyuwangi jawa timur indonesia