Gili Labak, Pulau Kecil yang Mempesona Milik Madura

Gili Labak Pulau Kecil Mempesona Milik Madura – Jika Anda mencari daftar gili atau pulau kecil yang mempesona di Indonesia, mungkin Anda akan menemukan sederetan nama gili yang lokasinya ada di Lombok. Namun, beberapa daerah lain di Indonesia juga ternyata ada yang memilikinya loh, salah satunya adalah Madura, dan nama gili yang dimiliki oleh Madura ini adalah Gili Labak. Nah, pada postingan kali ini kami akan membahas tentang Gili Labak tersebut, dimana gili ini, sekarang mulai populer di kalangan wisatawan.

Gili Labak Pulau Kecil Mempesona Milik Madura

Gili Labak Pulau Kecil Mempesona Milik Madura

Lokasi Gili Labak

Gili Labak adalah objek wisata yang secara adminitratif terletak di Desa Kombang, yang merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Madura.

Cara Menuju Gili Labak

Jika kita melihat dari Kota Sumenep, maka Gili Labak ini terletak di sebelah tenggara, makanya tidak heran ada beberapa rute sekaligus untuk menuju ke pulau ini, antara lain:

  • Tanjung Saronggi

Untuk rute yang pertama ini, Anda bisa langsung menuju ke pertigaan Saronggi, lalu arahkan kendaraan Anda ke timur untuk sampai di pantai, nah di pantai inilah terdapat dermaga dan ada banyak perahu yang siap mengantarkan Anda ke Gili Labak.

  • Gili Labak, Pulau Kecil yang Mempesona Milik Madura

Rute yang kedua ini adalah rute yang lumayan rame karena banyak pengunjung yang memilih lewat rute ini. Nah, jika Anda berasal dari luar Sumenep, ini adalah rute terbaik dan terdekat yang bisa Anda pilih, dimana begitu Anda sampai di pertigaan Bluto, silahkan Anda belok kanan dan arahkan kendaraan ke timur hingga Anda sampai di dermaga.

  • Pelabuhan Kalianget

Jika Anda memulai perjalanan dari pusat Kota Sumenep, Anda bisa langsung menuju ke timur kira-kira sejauh 10 km hingga Anda menemukan dermaga.

  • Desa Kombang

Nah, jika Anda memilih rute ini, Anda harus menuju ke Talango terlebih dahulu untuk menuju ke Kombang. Baru setelah itu Anda bisa langsung memesan perahu untuk menyeberang menuju ke Gili Labak.

Nah, itulah keempat rute yang bisa Anda pilih untuk menuju ke Gili Labak. Semua rute tersebut membutuhkan waktu yang relatif sama yakni sekitar 2 jam an.

Keistimewaan Gili Labak

Gili Labak adalah pulau kecil berpenghuni dimana di sini ada sekitar 35 kk yang merupakan penduduk asli. Pun demikian, ukuran Gili Labak ini relatif kecil yakni sekitar 5 ha saja sehingga jika Anda hendak mengelilinginya, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja.

Gili Labak memiliki selimut yang berupa pasir putih. Mau snorkeling atau diving? Bisa kok. Gili Labak juga memiliki beberapa spot yang sangat kaya dengan biota lautnya sehingga cocok untuk Anda jadikan objek untuk kedua kegiatan tersebut. Anda juga tidak perlu membawa peralatan pribadi, karena di sini sudah ada tempat persewaannya. Gelombang yang dimiliki oleh Gili Labak juga relatif tenang sehingga sangat aman bagi para pemula maupun bagi Anda yang membawa serta anak-anak.

Tips Berwisata ke Gili Labak

Ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan jika Anda hendak berwisata ke gili Labak, antara lain:

  1. Jika Anda hendak bermalam, sebaiknya Anda membawa alat penerangan seperti senter atau yang lainnya karena listrik hanya menyala saat malam hari dan menggunakan mesin diesel.
  2. Jangan berenang terlalu dekat dengan terumbu karang karena terumbu karang ini usianya masih relatif muda.
  3. Hati-hati dengan bulu babi saat berenang karena berpotensi untuk melukai Anda.

Nah, itulah review kami terkakit Gili Labak. Perlu Anda ketahui bahwa ada keistimewaan-keistimewaan lain dari Gili Labak yang tidak hanya bisa diungkapkan dengan kata-kata sehingga untuk membuktikannya sebaiknya Anda langsung menuju ke sana.

Baca Juga:

aatira gili labak, accommodation in gili labak, agen gili labak, akses gili labak, akses gili labak dari surabaya, akses ke gili labak dari surabaya, akses menuju gili labak dari surabaya, alamat gili labak, alamat gili labak madura, alamat gili labak sumenep, artikel gili labak, backpacker gili labak 2016, backpacker ke gili labak, backpacker ke gili labak dari surabaya, backpacker ke gili labak madura