Cara Mudah Mengatasi Smartphone Yang Tidak Bisa Di Charge

Mengatasi Smartphone Yang Tidak Bisa Di Charge – Kondisi dimana baterai smartphone tidak bisa di charge tentunya merupakan hal yang menjengkelkan. Terlebih jika saat itu, smartphone akan digunakan untuk hal yang penting. Sehingga mau tidak mau kebanyakan orang akan langsung memawanya ke tukang servis.

Padahal, ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi hal tersebut. Yang tentunya bisa semua orang lakukan dan yang pasti juga tak perlu biaya sepeserpun.

Cara Mudah Mengatasi Smartphone yang tidak Bisa di Charge

Cara Mudah Mengatasi Smartphone yang tidak Bisa di Charge

Cara Mengatasi Ponsel Yang Tidak Bisa Di Charge Dengan Mudah

1. Cek Port USB

Bagi anda yang seringkali mencolok dan mencabut kabel smartphone anda, bisa jadi masalah yang dialami smartphone anda dikarenakan bahan metal yang berada dalam port USB tidak terhubung baik dengan charger micro USB anda.

Cara membetulkannya cukup mudah, pertama-tama matikan terlebih dahulu smartphone anda lalu copot baterainya. Kemudian, siapkan benda-benda kecil seperti tusuk gigi dan kemudian secara perlahan naikan tab kecil yang ada dalam portUSB. Pasang kembali baterai dan coba charge smartphone anda. Biasanya jika permasalahannya ada pada port USB smartphone anda akan bisa di charge kembali seperti sedia kala.

2. Pastikan Port USB Dan Micro USB Bersih

Terkadang, permasahalan yang membuat smartphone anda tidak bisa di charge cukup sederhana dan tidak ada hubungannya dengan hal-hal kelistrikan. Port USB dan micro USB yang tidak bersih dan terganjal juga bisa membuat proses pengisian daya terganggu. Walaupun terkesan sederhana, tetapi saat membersihkannya anda perlu berhati-hati kalo tidak mau komponen smartphone anda malah menjadi rusak. Anda bisa mengguanakan penyemprot udara untuk membersihkan debu dan kotoran yang berada pada port USB dan micro USB smartphone anda.

3. Tukar Kabel Dan Adapter Dengan Milik Smartphone Lain

Untuk benar-benar mengetahui akar masalah yang menimpa ponsel anda, ada baiknya untuk menukar kabel charge anda dengan kabel milik smartphone lain. Jika ponsel anda kini sudah bisa mengisi daya dengan baik, berarti permasalahannya ada pada kabel yang anda gunakan.

Tetapi, jika ponsel anda tetap tidak dapat mengisi daya, berarti tidak ada yang salah dengan kabel charger anda. Untuk itu, anda bisa mencoba menggunakan adapter ponsel lain dan pastikan kembali dengan cara diatas.

Perlu dicermati, walaupun kabel atau adapter ponsel lain bisa digunakan pada ponsel anda, ini tidak berarti anda bisa terus menggunakan kabel dan adapter tersebut. Alangkah baiknya setelah menemukan akar masalahnya anda mengganti komponen tersebut dengan komponen baru yang benar-benar cocok bagi ponsel anda.

4. Charge Di Tempat Yang Benar

Bagi anda yang hobi mencharge ponsel pada laptop atau komputer, perlu diperhatikan bahwa mencharge ponsel seperti ini membuat daya yang masuk kedalam ponsel tidak maksimal. Malah untuk beberapa kasus baterai bukannya bertambah malah menjadi berkurang dan hanya menjadikan ponsel panas. Bagi anda yang sering melakukan hal ini ada baiknya untuk mencoba mengisi daya baterai anda menggunakan colokan dan adapter yang benar.

5. Lakukan Kalibrasi Baterai

Seiring bertambahnya usia baterai ponsel anda, kemungkinan kinerja baterai anda juga sudah menurun. Ini bukan berarti anda harus mengganti  baterai ponsel anda dengan yang baru. Anda bisa melakukan kalibrasi baterai yang bertujuan untuk merefresh baterai ponsel anda.

6. Update Software

Jika anda sudah mengecek hardware ponsel anda dan tidak menemukan kerusakan, bisa jadi permasalahannya ada pada software yang terpasang pada ponsel anda. Solusinya adalah dengan melakukan update software yang pada umumnya telah tersedia. Selain itu anda juga bisa mengganti ROM ponsel anda.

Baca Juga:

30 smartphone chargers you have not seen before, aa battery smartphone charger, anker portable smartphone charger, anker smartphone charger, ansmann car charger smartphone holder, application chargeur smartphone, att access for smartphone charge, att smartphone access charge, att smartphone charge, audiosonic smartphone charger instructions, audiosonic smartphone charger review, audiosonic smartphone portable charger, audiosonic smartphone portable charger instructions, audiosonic smartphone portable charger manual, aukey 10000 mah smartphone battery charger