Cara Jitu Membersihkan Kaca Mobil Yang Buram Dan Berjamur

Membersihkan Kaca Mobil Yang Buram Dan Berjamur – Kebersihan kaca depan mobil tentu saja merupakan suatu yang perlu diperhatikan bagi para pemilik kendaraan roda empat manapun. Selain tak enak dilihat, kaca mobil yang kotor ataupun berjamur bisa sangat fatal karena dapat membuat penglihatan pengemudi terganggu.

Permasalahan kaca mobil yang buram dan berjamur pada umumnya bisa diselesaikan dengan mudah dan sederhana. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara membersihkan kaca buram dan berjamur tersebut.

Cara Jitu Membersihkan Kaca Mobil yang Buram dan Berjamur

Cara Jitu Membersihkan Kaca Mobil yang Buram dan Berjamur

Tata Cara Membersihkan Kaca Mobil Yang Buram Dan Berjamur Secara Benar

Membersihkan kaca mobil sebenarnya cukup sederhana dan tidak membutuhkan tenaga yang besar. Tata caranya adalah sebagai berikut :

  • Pastikan terlebih dahulu tempat yang anda gunakan untuk membersihkan kaca mobil tidak terkena panas matahari secara langsung karena dapat menyebabkan air cepat kering dan berdampak pada timbulnya flek-flek pada kaca mobil.
  • Jika permasalahan tempat sudah selesai, pertama-tama bersihkan dulu permukaan kaca mobil menggunakan air bersih.
  • Kemudian anda langsung bisa mengelap kaca mobil menggunakan kain khusus untuk mencuci mobil seperti kain microfiber. Umumnya, hasil pembersihan kaca mobil menggunakan kain microfiber akan lebih maksimal dibanding menggunakan kain biasa. Tetapi jika anda tidak mempunyai kain microfiber, kain biasa juga masih bisa digunakan untuk mengelap kaca mobil.

Berbagai Jenis Cairan yang Bisa Digunakan Menjadi Pembersih Kaca Mobil

1. Menggunakan Shampoo Rambut

Shampoo yang biasanya digunakan sebagai pembersih rambut kepala ternyata bisa digunakan untuk membersihkan kaca mobil yang buram dan berjamur. Caranya cukup mudah, oleskan shampoo (tidak dicampur dengan air) secara merata ke kaca mobil anda. Kemudian gosok dengan menggunakan kain microfiber. Yang perlu diperhatikan adalah arah ketika anda menggosok harus searah. Hal ini diperlukan agar kotoran yang menempel pada kaca tidak kembali tercampur dengan shampoo.

2. Menggunakan Minuman Soda

Cairan soda yang biasanya merupakan campuran untuk membuat soda gembira ternyata juga manjur untuk dijadikan sebagai cairan pembersih kaca mobil yang buram dan berjamur. Cara penggunaannya pun relatif tidak sulit. Pertama-tama, bersihkan terlebih dahulu kaca mobil anda. Kemudian tunggu hingga kering. Lalu anda mulai bisa mengoleskan cairan soda ini dan mengusapkannya ke kaca mobil anda.

Untuk pembersihan kaca mobil yang buram dan berjamur menggunakan cara ini, patut diingat bahwa sebelum mengoleskan soda anda harus benar-benar memastikan bahwa kaca mobil anda benar-benar bersih dari air. Sebab, jika masih ada air yang tersisa, senyawa soda akan tercampur dengan senyawa air dan menyebabkan unsur soda terurai dan tidak manjur lagi.

3. Menggunakan Cairan Tembakau

Tak hanya bisa digunakan untuk membuat rokok saja, tembakau ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kaca mobil. Caranya, ambil segenggam tembakau kering kemudian rendam dalam segayung air bersih dan diamkan selama 10 hingga 15 menit.

Kemudian bersihkan terlebih dahulu kaca mobil anda menggunakan air bersih yang tidak tercampur dengan sabun, deterjen, ataupun shampoo. Setelah cairan tembakau siap, siram semua cairan tersebut kepada kaca mobil anda. Gosok secara perlahan-lahan menggunakan busa atau kain microfiber hingga kotoran dan jamur hilang.

Tata Cara Mencegah Timbulnya Buram Dan Jamur Pada Kaca

  • Usahakan mencuci mobil tiap kali selesai dipakai.
  • Bila tidak sempat mencuci, usahakan minimal membersihkan kacanya menggunakan kemoceng atau sejenisnya.
  • Hindari mencuci mobil menggunakan deterjen atau sabun colek karena dapat menyebabkan jamur.
  • Hindari memarkir mobil di tempat-tempat yang terkena cahaya matahari secara langsung dalam waktu yang lama.

Demikian adalah ulasan tentang bagaimana cara membersihkan kaca mobil yang buram dan berjamur. Semoga ulasan ini dapat membantu bagi anda yang saat ini mungkin sedang mengalami permasalahan tersebut.

Baca Juga:

agar kaca depan mobil tidak buram, agar kaca mobil tidak buram, agar kaca mobil tidak buram saat hujan, agar kaca mobil tidak jamuran, alat membersihkan jamur kaca mobil, alat pembersih kaca mobil dari jamur, alat untuk membersihkan jamur kaca mobil, alat untuk membersihkan kaca mobil, amankah membersihkan kaca mobil dengan pasta gigi, atasi kaca mobil buram, bagaimana cara membersihkan kaca mobil dari jamur, bagaimana cara membersihkan kaca mobil yang buram, bagaimana membersihkan jamur pada kaca mobil, bahan alami untuk membersihkan kaca mobil, bahan kimia untuk membersihkan kaca mobil