Atasi Rem Mobil Kurang Pakem Dengan Cara Berikut

Cara Mengatasi Rem Mobil Kurang Pakem – Selain gas, bisa dibilang rem adalah bagian paling vital dari suatu kendaraan, apapun itu jenisnya. Jadi, tentu akan menjadi permasalahan serius apabila ditengah perjalanan tiba-tiba rem mobil mendadak tidak pakem apalagi sampai blong. Bila kejadian seperti ini terjadi, tentu permasalahan yang dihadapi bukan main-main. Nyawa pun bisa jadi taruhannya!

Untuk itu, kondisi dan kinerja rem pada mobil wajib hukumnya untuk terus dipantau dan diperhatikan. Lalu, bagaimana jika ternyata rem pada mobil kita sudah terlanjur tidak pakem, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Atasi Rem Mobil Kurang Pakem dengan Cara Berikut

Atasi Rem Mobil Kurang Pakem dengan Cara Berikut

Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem

1. Kanvas Rem Sudah Menipis Atau Basah

Kanvas rem ini sangat erat hubungannya dengan master rem dari sebuah mobil. Untuk kasus kanvas rem yang sudah menipis atau habis pada umumnya akan menyebabkan cengkraman mobil tidak kuat dan tidak pakem. Jika kanvas rem basah atau terkena air juga akan berefek pada kinerja rem karena membuat rem menjadi lebih licin dari biasanya.

2. Master Hidrolik Pada Rem Bocor Atau Macet

Kondisi dimana rem menjadi kurang pakem juga bisa disebabkan karena master hidrolik pada rem mengalami kebocoran, macet ataupun sudah aus.  Jika kondisinya aus, bisa dilihat dari kondisi permukaan tabung minyak rem yang ketika diinjak dua kali minyak rem malah naik keatas permukaannya dan bukan turun kebawah.

Jika terjadi kebocoran, tandanya akan terlihat diantara master rem dan servo atau booster yang meneteskan air / bocor. Jika terjadi tanda-tanda kebocoran seperti minyak rem yang cepat habis tetapi tidak ditemukan kebocoran, bisa jadi minyak rem kendaraan anda masuk kedalam booster atau servo. Bila hal ini dibiarkan saja lama kelamaan akan menyebabkan rem menjadi bagel.

3. Setelan Rem Kurang Tinggi

Setelan rem yang kurang pas juga dapat menyebabkan rem menjadi tidak pakem. Kondisi ini bisa dikenali apabila pedal rem ketika diinjak terasa kurang tinggi atau kurang dalam.

4. Selang Saluran Pada Rem Dan Selang Fleksibel Macet

Jika selang-selang ini mengalami kemampetan, tentu saja akan menyebabkan rem kurang pakem atau malah blong jika macetnya parah. Ciri-ciri mobil anda mengalami permasalahan ini adalah ketika niple pembuangan angin minyak rem dibuka, minyak rem tidak kunjung terbuka.

Cara Mengatasi Rem Mobil Kurang Pakem

Untuk mengatasi keadaan rem mobil yang kurang cengkraman atau pakem, cara yang bisa dilakukan berbeda-beda tergantung dengan penyebabnya. Cara-cara yang bisa dilakukan antara lain adalah :

  • Jika yang menjadi masalah adalah rem yang macet ketika berputar, ini bisa jadi disebabkan oleh posisi pad yang tidak rata saat menyentuh piringan. Cara mengatasinya bisa dengan mengganti selang rem atau mengganti seal dari master rem kendaraan.
  • Angin yang masuk kedalam sistem rem juga dapat mempengaruhi kinerja rem tersebut. Jika hal ini terjadi, cara mengatasinya adalah dengan mengecek minyak rem terlebih dahulu. Jika terisi penuh, maka anda bisa langsung mengocok handle dari kendaraan anda dan buka napel sampai semua angina yang masuk keluar.
  • Bila masalah yang dihadapi adalah kanvas rem yang sudah tidak lagi rata, solusinya adalah dengan mengganti kanvas rem dengan yang baru.
  • Pada umumnya, penyebab rem mobil menjadi tidak pakem adalah minyak rem yang sudah habis dan berkurang kemampuannya. Hal ini sangatlah wajar mengingat minyak rem merupakan salah satu komponen yang harus rutin diganti.

Nah, selamat mencoba tips diatas!!

Baca Juga:

akibat minyak rem mobil kurang, akibat rem blong pada mobil, akibat rem mobil blong, akibat rem mobil bunyi, akibat rem mobil lengket, akibat rem mobil masuk angin, antisipasi rem mobil blong, apa penyebab rem mobil blong, apa penyebab rem mobil bunyi, apa penyebab rem mobil keras, apa penyebab rem mobil kurang pakem, apa penyebab rem mobil macet, apa yang menyebabkan rem mobil blong, apakah mobil matic ada rem tangan, arti mimpi naik mobil rem nya blong