Apa Itu Asuransi Pensiun dan Apa Manfaatnya?

Jenis dan Manfaat Asuransi Pensiun – Bagi sebagian orang, masa pensiun merupakan hal yang menakutkan. Karena saat itu tidak lagi mendapatkan gaji bulanan lagi. Dan selain itu, saat masa pensiun pastinya kondisi fisik sudah banyak menurun, sehingga sulit untuk bisa produktif. Lantas bagaimana solusinya.

Jangan khawatir, semua orang pasti mengalami hal tersebut, dan asalkan kita mempersiapkan dengan baik jauh-jauh hari, maka masa pensiun bisa dilalui dengan menyenangkan. Dan salah satu persiapan untuk masa pensiun idealnya kita sudah mempunyai asuransi pensiun.

asuransi pensiun

asuransi pensiun

Apa itu Asuransi Pensiun?

Asuransi pensiun merupakan salah satu jenis asuransi yang menjamin ketersediaan dana pensiun untuk jaminan hari tua nanti. Bisa dibilang, program ini merupakan investasi yang akan kita ambil manfaatnuya setelah masa pensiun tiba.

Manfaat Asuransi Pensiun

Berbicara mengenai manfaat asuransi pensiun, tentunya sangat banyak sekali. Nah, sebagai bahan pertimbangan berikut kami jelaskan beberapa manfaat yang didapat jika kita mengikuti asuransi pensiun.  Diantaranya:

  1. Adanya kepastian tersediannya dana waktu Anda pensiun.
  2. Memungkinkan Anda untuk mendapatkan manfaat proteksi, seperti jaminan kesehatan, rawat inap dan kecelakaan.
  3. Dengan mengikuti program ini, berarti Anda telah mempersiapkan masa depan. Tidak hanya bagi Anda tetapi bagi pasangan Anda.
  4. Anda dapat mendapatkan uang tunai di hari tua Anda. Sehingga bisa Anda gunakan untuk kebutuhan Anda sehari-hari tanpa harus meminta anak-anak Anda.

Bagimana, setelah mengetahui mengenai manfaat asuransi diatas, bukankah ini sangat penting? Silahkan Anda renungkan.

Kapan Anda Harus Mempersiapkan Asuransi Pensiun?

Setiap orang pasti akan pensiun. Nah, pertanyaan selanjutnya,  kapan waktu yang tepat Anda menyiapkan asuransi pensiun? Sebenarnya terkait waktu itu relatif. Namun sebaiknya lebih cepat lebih baik. Hal ini dikarenakan, semakin jauh-jauh hari Anda menyiapkannya, tentu jumlah nominalnya juga semakin besar. Jadi alangkah lebih baik jika Anda mulai memikirkannya dari sekarang.

Jenis-jenis Asuransi Pensiun

Ada beberapa jenis Asuransi Pensiun yang bisa Anda pilih sebagai program pensiun Anda. Tentu saja dalam memilihnya diperlukan pertimbangan-pertimbangan yang matang. Berikut ini jenis-jenis program tersebut :

  • Asuransi Jiwa ( Life Insurance )

Tujuan dari program ini adalah adanya jaminan seandainya terjadi hal-hal yang mendadak, misalnya kematian dini, maka orang-orang yang bergantung kepada kita dapat memperoleh jaminan dana untuk keberlangsungan hidup.

  • Asuransi Dwiguna ( Endowment Insurance )

Sesuai dengan namanya, asuransi ini memiliki 2 fungsi yaitu sebagai investasi dan sebagai tabungan. Jenis asuransi ini yang kebanyakan menjadi rekomendasi sebagai program asuransi pensiun. Sebab kita dapat mengatur waktu rencana tanggungan asuransi tersebut sampai saatnya pensiun.

  • Annuitas ( Annuities )

Fungsi ansurasi ini adalah memberikan pembayaran secara berkala atas tagihan premi yang secara rutin kita bayarkan. Jadi dengan memilih program ini, Anda akan menerima pendapatan bulanan dari perusahaan asuransi yang kita ikuti.

  • Asuransi Kesehatan ( Health insurance )

Program ini diperuntukan sebagai penunjang jaminan kesehatan Anda di hari tua. Maka dengan mengikuti asuransi ini Anda akan mendapatkan pembiayaan dalam hal perawatan dan pengobatan kesehatan Anda.

  • Asuransi Ketidakmampuan ( disability insurance )

Program asuransi yang terakhir ini memungkinkan Anda untuk memegang polis asuransi. Sehingga Anda akan mendapatkan pembayaran uang secara berkala dalam kondisi apapun, etah sakit ataupun tidak.

Nah itulah diatas informasi mengenai Jenis dan manfaat Asuransi Pensiun. Semoga bisa menjadi sumber referensi yang bermanfaat.

Baca Juga:

artikel asuransi pensiun, asuransi dana pensiun tugu mandiri, asuransi jaminan pensiun, asuransi kematian pensiun, asuransi kesehatan masa pensiun, asuransi kesehatan pasca pensiun, asuransi kesehatan pensiun, asuransi kesehatan pensiunan, asuransi kesehatan pensiunan pertamina, asuransi kesehatan setelah pensiun, asuransi kesehatan untuk pensiun, asuransi masa pensiun, asuransi pensiun, asuransi pensiun 1 milyar, asuransi pensiun allianz