Air Terjun Tancak Tulis, Pesona Air Terjun Dari Langit di Kabupaten Jember

Air Terjun Tancak Tulis – Kabupaten Jember tidak hanya punya JFC yang telah mendunia sebagai daya tariknya. Kabupaten Jember juga tidak hanya punya sederetan nama pantai yang mulai mendapatkan pengakuan dari banyak wisatawan, karena Kabupaten Jember juga memiliki banyak objek wisata lain yang patut mendapatkan ‘lirikan’, salah satunya adalah Air Terjun tancak Tulis. Berdasarkan kisah dari beberapa sumber, dikatakan bahwa Air Terjun Tancak Tulis ini adalah air terjun yang paling tinggi di Kota Jember. Dan bukan karena ketinggiannya tersebut yang menjadi daya tarik utama dari air terjun ini. Tetapi harap dicatat bahwa Air Terjun Tancak Tulis juga memiliki daya tarik lainnya yang tak habis untuk dikagumi.

Air Terjun Tancak Tulis

Air Terjun Tancak Tulis

Lokasi Air Terjun Tancak Tulis

Air terjun mempesona ini tepatnya berada di kawasan Perkebunan XII Kebun Zeelandia, kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember. Jika Anda memulai perjalanan dari alun-alun Kecamatan Tanggul, Anda membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk bisa mencapai air terjun ini. Jadi, setelah dari alun-alun Kecamatan Tanggul, Anda bisa mengarahkan kendaraan Anda ke timur untuk menuju ke Kantor Desa Tanggul Wetan. Nah, tidak jauh dari kantor desa ini Anda akan bertemu dengan pertigaan, kemudian Anda cukup berbelok di pertigaan tersebut untuk melanjutkan perjalanan ke Desa Darungan.

Nah, setelah Anda sampai di Kantor Desa Darungan, selanjutnya silahkan belok kiri hingga Anda sampai di Desa Tulis. Sampai dari sini Anda bisa menitipkan kendaraan Anda lalu lanjutkan perjalanan Anda dengan berjalan kaki.

Keistimewaan apa saja yang terdapat di Air Terjun Tancak Tulis?

Air Terjun Tancak Tulis sebenarnya masih termasuk dalam kawasan Gunung Argopuro. Alhasil bila Anda berada di lokasi, Anda akan merasakan suasana yang sejuk dan cukup dingin yang masih didukung oleh pemandangan alami yang pastinya masih hijau dan asri.

Air Terjun tancak Tulis yang memiliki panorama bak surga ini mendapatkan julukan sebagai air terjun yang turun dari langit. Faktanya, air terjun ini memang tinggi meskipun belum ada angka pasti untuk membuktikannya. Tapi, jika Anda tidak percaya, bolehlah Anda sesekali berpetualang ke Air Terjun Tancak Tulis ini untuk mengukur ketinggiannya.

Di air terjun ini anda bebas bermain. Tetapi, Anda harus berhati-hati ya, karena batu-batu yang ada di dalam kolam air terjun ini cukup tajam, sehingga sangat disarankan agar Anda memakai sandal outdoor saja jika ingin terpeleset.

Nah, tambahan informasi untuk Anda, Air Terjun Tancak Tulis ini adalah air terjun musiman, dimana saat musim kemarau, debitnya sangat minum tetapi jika musim penghujan yang terjadi adalah sebaliknya. Tetapi, sangat disarankan agar Anda datang saat musim kemarau saja, karena jika Anda datang saat musim penghujan, jalanan yang harus Anda lalui bisa menjadi lebih sulit. Jalanan menuju ke air terjun ini juga tidak cocok untuk motor matic sehingga sebaiknya Anda menggunakan motor bebek saja.

Fasilitas yang ada di kawasan Air Terjun Tancak Tulis

Air Terjun Tancak Tulis ini sekarang sudah dikelola langsung oleh Perhutani dengan fasilitas yang ada antara lain:

  1. Area parkir.
  2. Warung makan.
  3. Kamar mandi.
  4. Musholla, dan lain-lain.

Nah, itulah diatas gambaran mengenai pesona Air Terjun Tancak Tulis yang sekaligus menjadi air terjun tertinggi di Kabupaten Jember. Kira-kira kapan Anda hendak membuktikan ketinggiannya dan pesonanya secara langsung?

Baca Juga:

air terjun tancak tulis, air terjun tancak tulis di jember, air terjun tancak tulis jember, air terjun tancak tulis kabupaten jember jawa timur, air terjun tancak tulis kabupaten jember jawa timur indonesia, air terjun tancak tulis tanggul, air terjun tancak tulis tanggul jember, alamat air terjun tancak tulis, gambar air terjun tancak tulis, jalan menuju air terjun tancak tulis, lokasi air terjun tancak tulis, rute air terjun tancak tulis, tinggi air terjun tancak tulis, wisata air terjun tancak tulis jember