5 Tujuan Wisata Religi Di Pulau Lombok Yang Tak Pernah Sepi Pengunjung

Wisata Religi Di Pulau Lombok – Tempat wisata di Lombok ternyata tidak hanya menawarkan aneka kuliner khas yang lezat, adat istiadatnya yang unik dan pesona alamnya yang memukau. Disana Anda juga dapat melakukan wisata religi. Setidaknya ada 5 makam yang berada di pulau Lombok yang dianggap sebagai makam keramat dan seringkali dibanjiri dengan peziarah. Selain memanjatkan doa, para peziarah ini juga melakukan berbagai ritual. Penasaran makam siapa sajakah itu?

5 Tujuan Wisata Religi di Pulau Lombok yang Tak Pernah Sepi Pengunjung

5 Tujuan Wisata Religi di Pulau Lombok yang Tak Pernah Sepi Pengunjung

Tempat Wisata Religi Di Pulau Lombok

1. Makam Wali Nyatoq

Tempat pertama yang dapat menjadi tujuan wisata religi adalah makam Wali Nyatoq. Makam ini berada di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Jika anda berada di pusat kota Mataram maka anda menempuh jarak sekitar 49 km untuk sampai di tempat ini. Masyarakat sekitar berpendapat bahwa Wali Nyatoq adalah seorang wali yang berjasa besar terhadap perkembangan Islam di Lombok. Konon katanya Wali Nyatoq berasal dari keturunan Arab dan hijrah ke Lombok untuk menyebarkan agama Islam.

2. Makam Batu Layar

Menurut masyarakat setempat Makam Batu Layar merupakan makam keturunan Nabi Muhammad SAW. Namun ada juga pendapat yang mengatakan bahwa makam tersebut merupakan tempat peristirahatan dari seorang tokoh Islam yang berasal dari Baghdad, bernama Sayid Duhri Al Haddad Al Hamdrami. Beliau dipercaya sebagai salah satu tokoh yang ikut menyebarkan agama Islam di Indonesia termasuk di Pulau Lombok. seperti makam wali Nyatoq, destinasi religi ini juga tak pernah sepi dari wisatawan. terutama wisatawan muslim.  Letak makam yang dikeramatkan ini  berjarak 9 km ke arah utara dari pusat kota Mataram.

3. Makam Selaparang

Makam Selaparang sering dibanjiri oleh peziarah pada waktu-waktu tertentu terlebih saat musim keberangkatan haji. Komplek makam Selaparang memiliki 3 makam yang paling sering dikunjungi, yaitu makam Raja Selaparang, makam orang tua raja Selaparang dan makam panglima gajah mada. Pada ketiga makam tersebut, para peziarah biasanya menyebarkan bunga kemudian membasuh wajah mereka dengan air yang telah disediakan. Konon kabarnya air yang ada dimakam ini dapat mempercepat datangnya jodoh.

4. Makam Loang Baloq Lombok

Makam lain yang merupakan tujuan favorit untuk melakukan wisata religi di Lombok adalah makam Loang Baloq. Makam ini sangat terkenal, dan berada di i Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Ampenan, Lombok. Jika anda berada di kota Mataram maka anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 6 km.

Nama Loang Baloq sendiri berasal dari bahasa sasak yang artinya pohon beringin yang berlubang. Bukan tanpa alasan bahwa makam ini diberi nama seperti itu, karena disini anda dapat menemukan sebuah pohon beringin tua yang umurnya berkisar ratusan tahun. Makam Loang Baloq memiliki ratusan makam didalamnya, sedangkan yang paling sering dikunjungi oleh para peziarah adalah makam Maulana Syech Gaus Abdurrazak, makam Anak Yatim dan Datuk Laut.

5. Makam Keramat Cemare

Makam yang berada di dekat Pelabuhan Lembar ini berbentuk seperti daratan yang menjorok ke laut. Makam ini diyakini oleh penduduk sekitar sebagai tempat peristirahatan seorang tokoh agama yang pernah hidup di Lombok dan cukup punya pengaruh dimasanya. Yang membuat makam ini istimewa adalah selain anda dapat melakukan ziarah anda juga dapat menikmati pemandangan yang indah dimana terdapat pemandangan pelabuhan dan segala aktifitasnya. Anda juga dapat melihat pemandangan laut, burung-burung camar dan menikmati suasana khas lautan yang menyegarkan mata.

Berbagai wisata di Lombok memang menarik banyak wisatawan, baik asing maupun lokal. Dan  bagi anda yang ingin melakukan wisata religi, pulau Lombok juga memiliki 5 makam keramat yang patut untuk anda kunjungi.

Baca Juga:

apa saja wisata di lombok, artikel wisata pulau lombok, daerah wisata di lombok, daerah wisata di lombok barat, daerah wisata di lombok tengah, daerah wisata di lombok timur, daerah wisata di lombok utara, daerah wisata pulau lombok, daftar tempat wisata di lombok barat, daftar tempat wisata di lombok utara, daftar wisata pulau lombok, daya tarik wisata pulau lombok, desa wisata di lombok utara, deskripsi wisata pulau lombok, deskripsi wisata pulau lombok dalam bahasa inggris